Bogor Jadi Wilayah Dengan Kasus Kejahatan Siber Terbanyak

Bogor menjadi salah satu diantara wilayah dengan kasus kejahatan siber terbanyak. Hal ini diungkapkan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Fadil Imran  usai melakukan pertemuan dengan lima polres, di wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur di Mapolres Bogor, Jumat (23/2/2018).

Fadil mengatakan bahwa, kejahatan siber yang kerap terjadi di wilayah Bogor diantaranya adalah hate speech atau ujaran kebencian dan informasi bohong alias hoax.
"Wilayah Jawa Barat (Jabar) terutama Bogor banyak kami temui kasusnya, pelaku pembuat maupun penyebar pernah kami tangani," ujarnya dikuti TribunnewsBogor.com.
Fadil Imran menerangkan, setiap ujaran kebencian maupun informasi hoax akan diproses polisi bila terdapat unsur fitnah, SARA, dan mengancam pribadi seseorang.
"Kalau memang terbukti akan ditindaklanjuti dengan pembekuan situs penyebar kebencian dan hoax tersebut yang tentunya akan dikoordinasikan dengan Kementerian Kominfo," terangnya.
Kasus kejahatan siber , terangnya, tidak cukup bisa ditangani secara hukum, melainkan perlu ada literasi dan edukasi digital.
"Tidak bisa melawan siber dengan hanya mengandalkan hukum, kalau dipersentasekan hanya 20 persen, 80 persennya melalui edukasi dan literasi digital supaya masyarakat bihak dan pandai dalam berinternet," tandasnya. (tribun).

Posting Komentar untuk "Bogor Jadi Wilayah Dengan Kasus Kejahatan Siber Terbanyak"