Hari TBC Sedunia, Dinkes Kota Bogor Obati Penderita TBC ke Daerah Penularan



Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tingkat Kota Bogor Tahun 2018, Dinkes Kota Bogor melakukan kunjungan ke wilayah di 6 kecamatan di Kota Bogor. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mencari kasus Tuberculosis (TBC) dilokasi penderita yang diduga TBC-nya tinggi dengan melibatkan peran lintas sektoral dan unsur masyarakat terkait.

Wilayah yang dikunjungi adalah Kelurahan Muarasari di Kecamatan Bogor Selatan, Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal dan KelurahanvTegal Gundil Kecamatan Bogor Utara.
“Hari ini kita akan mencari ke wilayah karena penularan TBC ini harus kita ‘tangkap’ penderitanya. Jangan sampai menularkan ke orang lain karena proses penularannya sangat mudah, apalagi bagi orang kurang mampu yang kondisi rumahnya tidak layak huni, tidak memiliki ventilasi yang cukup. Pemeriksaannya tidak hanya penderitanya saja tetapi juga orang di lingkungan terdekatnya yang sering melakukan kontak juga harus diperiksa,” kata Kepala Dinkes Kota Bogor, Rubaeah, Jumat (23/03/2018).
Rubaeah menjelaskan, dengan turun langsung ke masyarakat pihaknya berharp bisa menemukan, mengobati sampai sembuh penderita TBC, menginvestigasi kontak serumah dan kontak erat disekitar penderita TBC, memberikan edukasi. Selain itu, skrining dan rujukan bagi masyarakat mengenai TBC dan menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker mencegah penularan TBC, pemberian makanan tambahan dan inspeksi sanitasi rumah sehat.
Kedepan kata Rubaeah kegiatan tersebut akan bergeser ke wilayah lain dengan tujuan memberikan edukasi atau pelajaran bagi masyarakat bahwa penyakit TBC ini sangat mudah ditularkan. (humas kotabogor).


Posting Komentar untuk "Hari TBC Sedunia, Dinkes Kota Bogor Obati Penderita TBC ke Daerah Penularan"