Jelang Ramadhan, Baznas Kumpulkan UPZ Se-Kota Bogor

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor menggelar kegiatan optimalisasi pengumpulan ZIS 1439 Hijriah/2018 Masehi. Kegiatan optimalisasi ini diikuti puluhan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) jalan Pajajaran, Kota Bogor, Kamis (03/05/2018).




Ketua Baznas Kota Bogor Chotib Malik mengungkapkan, kegiatan ini digelar dalam rangka silaturahmi pengurus UPZ Kecamatan dan masjid se-Kota Bogor. Selain itu sekaligus sebagai sosialisasi optimalisasi pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh tahun 2018.
Chotib menyebutkan, ada dua aturan yang mengatur tentang zakat, menurut negara Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 dan secara agama, yaitu fiqih. Yang berhak mengumpulkan zakat itu Baznas dan Laz Baznas diberikan kewenangan untuk membentuk UPZ, karena kalau dilakukan oleh Baznas sendiri tidak akan terjangkau. 
“Oleh karena itu UPZ kita kumpulkan hari ini supaya ada persamaan persepsi,” kata Chotib.
Dia mengatakan, tahun 2018 Baznas Kota Bogor menargetkan sebesar Rp. 19 Miliar lebih. Potensi ini bisa diperoleh dengan telah ditetapkannya zakat fitrah sebesar Rp. 35 ribu/kepala keluarga.
Melalui kegiatan ini Chotib berharap pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh di Kota Bogor bisa optimal dan teratur. Begitu pula dalam pembagiannya harus diatur agar terjadi pemerataan. (azka|alfa)

Posting Komentar untuk "Jelang Ramadhan, Baznas Kumpulkan UPZ Se-Kota Bogor"