Kemenag Besok Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1439H



Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang itsbat untuk menentukan awal bulan Syawal 1439H atau Hari Raya Idulfitri di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta pada Kamis 14 Juni 2018.

“Sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H (atau Hari Raya Idulfitri -red),” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, di Jakarta. Proses sidang isbat dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.
Amin menyampaikan sidang isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri ini akan berlangsung tertutup dan hasil keputusan akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers.
Seperti dikutip dari PRFMNews, Sidang isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.
Untuk menghadapi sidang isbat itu, Amin mengemukakan, Kemenag akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. (pr|alfa).



Posting Komentar untuk "Kemenag Besok Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1439H"