Kemen PURR Rampungkan Pembangunan 9 Bendungan Tahun Ini

Pembangunan bendungan akan meningkatkan suplai air untuk lahan pertanian secara lebih merata dan kontinu. (Kemen PURR).
Pemerintah menargetkan proyek pembangunan sembilan bendungan rampung pada tahun ini. Keberadaan bendung tersebut diharapkan dapat membantu mewujudkan ketahanan pangan dan air nasional.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pada periode 2015-2019, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan 65 bendungan, yang terdiri dari pembangunan 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru.

Selain itu juga diprogramkan pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektar dan merehabilitasi 3 juta hektar irigasi yang rusak.

Menurut dia, pembangunan bendungan akan meningkatkan suplai air untuk lahan pertanian secara lebih merata dan kontinu. Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, nantinya akan bisa bertambah menjadi 2-3 kali.

"Saat ini dari 7,3 juta hektar lahan irigasi, hanya sekitar 11% yang mendapatkan pasokan air dari bendungan. Nantinya setelah 65 bendungan rampung, daerah irigasi yang akan dipasok airnya dari bendungan akan bertambah menjadi 19-20%,” ungkap dia di Jakarta, Minggu (5/8/2018).

Dia menjelaskan, program pembangunan bendungan diikuti oleh program irigasi premium yakni irigasi yang mendapat suplai air dari bendungan. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya mahal, dipastikan bisa mengalirkan air hingga ke sawah-sawah petani.  

Menurut Basuki, sembilan bendungan yang akan selesai pembangunannya pada tahun ini antara lain Bendungan Rotiklot di NTT, Bendungan  Tanju, Mila, Bintang Bano di NTB, Bendungan Gondang dan Logung di Jawa Tengah, Bendungan Sei Gong di Batam, Bendungan Sindang Heula di Banten, serta Bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan.


Total kapasitas tampung dari sembilan bendungan tersebut mencapai 288 juta m3.  Rata-rata progres delapan bendungan tersebut sudah 80-90 persen. Untuk Bendungan Rotiklot dan Tanju sudah selesai dan tengah memasuki tahap impounding. Bendungan Raknamo di NTT  dan Tanju di NTB sudah diresmikan. 

Posting Komentar untuk "Kemen PURR Rampungkan Pembangunan 9 Bendungan Tahun Ini"