Sekolah Ibu Bantu Pengentasan Masalah Sosial

Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian mengungkapkan, fenomena sosial ditengah masyarakat bukan hanya terjadi di Kota Bogor tetapi menjadi fenomena se-nasional.  Hal ini membuat PKK Kota Bogor tergerak untuk berbuat sesuatu yang sekiranya dapat membantu pemerintah dalam pengentasan masalah sosial tersebut, yakni membentuk Sekolah Ibu.


Yane menyebutkan, berangkat dari hal tersebut PKK yang perannya sangat dekat dengan masyarakat, sehingga menarik kesimpulan bahwa peningkatan kualitas Ibu lah yang menjadi prioritas disini.

“Ketika memutuskan membuat sekolah ibu, dan sebelum diajukan kepada Wali Kota, PKK melakukan beberapa observasi terlebih dahulu di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Babakan dan Kelurahan Katulampa. Proses persiapan sekolah ibu kami persiapkan sekitar 2 tahun lamanya,” kata Yane saat menerima kunjungan kerja Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan di Balai Kota Bogor, Kamis (27/09/2018).

Ibu-ibu PKK kota Bogor dalam prosesnya dibantu oleh beberapa tim yang dibentuk, seperti tim modul, visi-misi dan perekrutan dengan target sekolah Ibu dapat terlaksana di seluruh Kota Bogor, yaitu 68 Kelurahan.

“Satu kelurahan memiliki 2 tutor yang artinya kami harus menyiapkan 136 pengajar,” terang Yane.

Saat ini sudah dilakukan percobaan dan hasil yang didapat sangatlah baik. Beberapa peserta bahkan menceritakan testimoni-testimoninya setelah mengikuti sekolah ibu.

“Hal ini yang menguatkan alasan kami untuk membuat proposal ke Pemerintah Kota Bogor untuk pelaksanaan lebih lanjut sekolah Ibu di seluruh kelurahan Kota Bogor,” ujarnya.

Dia menyebutkan, modul yang diberikan ada 20 materi. Seminggu ada dua kali pertemuan, yakni hari Senin dan Kamis dimulai pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB.

Pesertanya maksimal 30 orang agar kegiatan pun menjadi lebih efektif. Pesertanya adalah ibu-ibu yang sudah menikah atau pernah menikah.


“Tetapi untuk tutor harus yang sudah menikah minimal 5 tahun pernikahan, sudah mempunyai anak dan masih dalam kondisi ikatan pernikahan,” tuturnya. (humas pemkot bogor).

Posting Komentar untuk "Sekolah Ibu Bantu Pengentasan Masalah Sosial"