Terkait Dana Porda Jabar 2018, Menpora Harap Pemkab Bogor Bisa Jelaskan

Terkait dana Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XIII, Jawa Barat (Jabar) 6-15 Oktober 2018 di Bumi Tegar Beriman yang berjumlah milyaran dinilai  kurang transparan. Maka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia Imam Nahrawi mengatakan, dana yang besar tersebut harusnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Bogor beserta pihak panitia maupun Pemerintah setempat mampu menjelaskan secara gamblang terhadap warganya.


“Karena pekan olahraga itu juga menjadi hajatan seluruh masyarakat yang tinggal di kabupaten, sehingga Pemkablah yang harus bisa menjelaskan,” singkatnya di laman  bogorOnlie.com usai giat Pekan Olahraga Perempuan (POP) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) tahun 2018 di Padepokan Voli, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor belum lama ini.

Sebelumnya, Ketua Harian PB Porda Rustandi mengatakan, bila masyarakat meragukan soal keterbukaan dana Porda tersebut, adalah dana hibah bersama Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), karena bagian. Dan apakah anda pernah lihat APBD dipaparkan kepada warga mulai dari a,b sampai c. Sedangkan ranahnya dari pihaknya adalah, bagaimana penyusunan hibah itu sama saja dengan yang lainnya tidak berbeda.

“Seperti bahasan dewan, Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dan kemudian itu dipublikasikan juga. Cuman kalau secara detailnya AX rupiah tidak juga pada posisi itu,” kilah Rustandi saat ditemui bogorOnline.com usia menghadiri diskusi Kelompok Kerja Wartawan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor di lobi utama gedung Dewan Kamis (27/9/18).

Rustandi menambahkan, karena dana hibah titik beratnya dengan yang lain pada dasarnya sama, sehingga ranaahnya ketika dirinya ingin menyampaikan transparansi itu, pada saat APBD akan ditetapkan, yaitu ketika pada malam harinya dan itu sudah dipublikasikan. Jadi tidak pada posisi, misalkan dana ini, rapat ini sekian X rupiah tidak seperti itu yang harus dijelaskan oleh pihaknya.
“Itulah yang bisa saya jelaskan, seperti itu,” dalihnya.

Sebelumnya, Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor mulai bersuara terkait tidak transparannya Anggaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat (Jabar) Oktober yang diduga mencapai Rp.155 miliar di Bumi Tegar Beriman.

Kepala Dispora Pemkab Bogor Yusuf Sadeli mengatakan, mengenai kegiatan olahraga tersebut yang pertama perlu diketahui adalah itu hajat dari Jabar. Sedangkan Kabupaten Bogor hanya menjadi tuan rumah dalam perhelatan itu dan pihaknya sudah menyatakan siap guna acara tersebut.

“Mengenai dana yang diterima bersumber dari Jabar sekitar 10 miliar dan Kabupaten Bogor kurang lebih Rp 133 miliar,” katanya saat ditemui bogorOnline.com di kantornya. (alfa)


Posting Komentar untuk "Terkait Dana Porda Jabar 2018, Menpora Harap Pemkab Bogor Bisa Jelaskan "