Masjid Quba: Ada Pahala Umrah Bila Shalat di Masjid Ini

Masjid Quba

Masjid Quba adalah sebuah masjid yang terletak di daerah Quba, desa kecil terletak ± 5 kilometer sebelah barat daya Madinah. Waktu Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah, orang-orang pertama yang menyongsong kedatangan Rasulullah SAW adalah penduduk Quba.

Ketika Nabi bersama pengiring tunggalnya, Abu Bakar as-Siddiq datang kali pertama ke Madinah dengan berpakaian yang sama-sama putih, masyarakat Quba dan Madinah bingung karena mereka belum mengenal Nabi. Mana yang Nabi Muhammad. Hal ini menarik perhatian Abu Bakar.

Untuk menghilangkan keraguraguan mereka, Abu Bakar langsung memegang selendangnya dan dilindungkan di atas kepala Nabi. Dengan demikian, para penjemput mengerti siapa Nabi SAW di antara keduanya.

Nabi tiba di Quba pada hari Senin, 12 Rabi’ul Awal tahun 13 kenabian atau di usia 53 tahun. Menurut keterangan Mahmud Pasya al-Falaki, ulama ahli falak yang terkenal asal Mesir, hari kedatangan Nabi di Quba bertepatan dengan 20 September 622 M. Waktu di Quba Nabi menempati rumah Kalsum bin Hadam dari Kabilah Amir bin Auf.

Baca Juga: Jamaah Umroh Tanpa Identitas Stres di Madinah Ditemukan Petugas KUH

Di Quba inilah Rasulullah mendirikan masjid di atas sebidang tanah yang dibeli dari Kalsum bin Hadam. Batu pertama diletakkan oleh Nabi sendiri, kemudian berturut-turut diletakkan oleh Abu Bakar, Umar, Usman, dan Ali bin Abi Talib. Selanjutnya, pembangunan masjid dikerjakan oleh sahabat Muhajirin dan Ansar sampai selesai.

Masjid Quba adalah masjid pertama yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW dan dibangun dua kali. Pertama, ketika kiblat masjid ini menghadap Baitul Maqdis. Kedua, ketika kiblatnya menghadap Baitullah. Dalam membangun masjid ini, Nabi dibantu Malaikat Jibril yang memberi petunjuk arah kiblat masjid tersebut.

Letak Masjid Quba saat ini berada di sudut perempatan jalan tidak jauh dari jalan baru yang menghubungkan Madinah-Jeddah-Makkah. Rasulullah SAW memberi prioritas untuk mendatangi masjid ini dan mempunyai kebiasaan mengunjunginya setiap Sabtu.

Keutamaan masjid ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW:

Artinya: Sahl bin Hunaif RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa bersuci (membersihkan diri dari najis dan hadas di rumahnya kemudian datang ke masjid Quba dan shalat di dalamnya, ia mendapatkan pahala seperti pahala umrah.’’ (HR. Ibnu Majah | Ibnu Majah, 1412

(Sumber atikel buku tuntunan manasik haji dan umrah Kemenag).

Posting Komentar untuk "Masjid Quba: Ada Pahala Umrah Bila Shalat di Masjid Ini"