Plt Dirjen PHU : Pembimbing Haji Harus Profesional


Kasubdit Bina Haji Arsyad Hidayat mengatakan melalui aplikasi zoom meeting bahwa sertifikasi pembimbing manasik haji sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan para pembimbing manasik haji. Disamping itu juga untuk mengembangkan karakter petugas haji, dengan mengikuti sertifikasi ini yang lulus akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembimbing haji di masa yang akan datang, jelasnya.

Arsyad Hidayat menambahkan sertifikasi pembimbing ibadah haji juga sangat penting, selain karena regulasi negara hal ini juga demi kepentingan jamaah haji yang dibimbingnya.

"Aturan yang sama juga diterapkan kepada KBIH, seluruh KBIH harus memiliki pembimbing yang bersertifikasi, apabila tidak ada pembimbing yang bersertifikasi maka KBIH tersebut tidak akan diperpanjang perizinannya oleh pemerintah," ungkapnya.

Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Oman Fathurahman mengatakan melalui zoom meeting bahwa semua pembimbing haji harus profesional.

"Jika profesionalitas ini di kedepankan maka pelayanan kepada masyarakat juga akan bisa berjalan maksimal," jelasnya.

Oman Fathurahman menjelaskan bahwa kondisi pandemi saat ini membuat  Kementerian Agama Republik Indonesia membentuk “Tim Krisis Haji” sebagai strategi pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2021.

Tim Krisis Haji ini memberikan 3 (tiga) opsi tentang haji pada tahun 2021 yaitu; pertama, haji sudah normal, jika kondisi seperti ini maka kuota haji Indonesia akan terpenuhi dan dapat dilaksanakan karena sudah ada vaksin.

Kedua, haji dengan pembatasan, artinya pelaksanaan haji pada tahun 2021 tetap dilaksanakan, akan tetapi kuota ini tergantung dari kebijakan dari pemerintah Arab Saudi.

Ketiga, Arab Saudi menutup pemberangkatan ibadah haji Indonesia.  Jika ini yang terjadi kita akan sosialisasikan kepada masyarakat, karena yang berhak menentukan boleh tidaknya berangkat haji ini adalah pihak Pemerintah Arab Saudi.

"Dengan demikian ketika menyampaikan kepada masyarakat disampaikan apa adanya, agar masyarakat memahami dengan baik," ucap Oman Fathurahman pada acara sertifikasi pembimbing manasik haji tahap ke-2 tahun 2020, dalam keterangannya, Rabu (2/12/2020).

Acara tersebut terselenggara atas kerjasama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dengan UIN Sunan Ampel Surabaya.(kmg|ulul).

https://haji.kemenag.go.id/v4/plt-dirjen-phu-pembimbing-haji-harus-profesional

Posting Komentar untuk "Plt Dirjen PHU : Pembimbing Haji Harus Profesional"