Melihat Keindahan Dari Gua-gua Kuno di Al-Baha Arab Saudi

Pengunjung pasti akan berdecak kagum serta memuji 'keindahan yang mengagumkan dari gua-gua kuno yang terdapat di Al-Baha Arab Saudi.

Udara di wilayah ini terasa sejuk,  yang memberikan peluang untuk investasi pariwisata.  Gunung Shada, salah satu tempat paling populer di Jazirah Arab, telah berubah menjadi tujuan populer bagi pengunjung, menarik wisatawan dari dalam Kerajaan, kawasan Arab, dan Eropa.

Gunung Shada terletak di wilayah selatan Al-Baha, menjulang setinggi 1.700 meter di atas tanah. Ini secara geologis terdiri dari batuan granit, dan mengandung banyak variasi tumbuhan dan tanaman hijau.

Terbagi menjadi segmen tinggi dan rendah, gunung itu rumit dan telah bertahan dalam ujian waktu; gua-gua yang luas telah digunakan untuk menampung peradaban, dan mempertahankan ukiran yang berasal dari era Tsamud dan Saba.

Nasir Al-Shadawi  peneliti sejarah sekaligus pemilik salah satu gua yang telah menjadi objek wisata. Dia mengatakan bahwa dia mungkin orang pertama yang mencoba mengubah gua, meningkatkannya menjadi ruang yang lebih besar yang dapat menampung wisatawan.



FOTO FOTO SPA

“Gua-gua ini dulunya berfungsi sebagai rumah, dan tidak membutuhkan apa pun kecuali bangunan kecil dengan sisi yang terbuka. Saya juga bekerja menambahkan wastafel dan keran yang terbuat dari granit,” katanya kepada TV Al-Arabiya.

Al-Shadawi menghiasi jalan menuju gua dengan batu untuk memandu wisatawan yang datang dan mempersiapkan mereka untuk pengalaman, bahkan sebelum mereka memasuki gua.

Populer di kalangan rakyat jelata dan penyair, gunung telah disebutkan oleh beberapa penyair dan penjelajah Arab seperti Abu Mohammed Al-Hamadani dan Yaqut Al-Hamawi.
Orang-orang Saudi telah mencatat situs wisata tersebut dan sangat antusias untuk melihatnya. Bahkan, beberapa tertarik untuk mengunjunginya setelah mengetahui bahwa itu telah menginspirasi penyair terkenal.

“Saya ingin sekali merasakan apa yang dilihat dan dirasakan oleh para penyair ketika mereka menjelajahi gua-gua misterius. Saya pikir menyaksikan pegunungan ini dan keberadaannya yang menonjol menambah kekayaan sejarah dan budaya yang dimiliki Al-Baha,” kata Amani Al-Ghoraibi, instruktur bahasa di sebuah universitas di Jeddah.

Al-Ghoraibi mengatakan bahwa atmosfer gua adalah aspek terpentingnya yang paling menarik. “Ada keindahan yang menghantui yang tampaknya menarik pengunjung, mendesak mereka untuk menjelajahi gua-gua ini,” katanya kepada Arab News. 

"Mereka tampaknya menggemakan sejarah kuno yang melampaui apa yang tampaknya dilihat kehidupan modern kita."

Amal Turkistani, 55, telah bertualang di dalam Kerajaan, dan Gunung Shada telah menghadirkan lokasi baru untuk dikunjungi.

“Minat terhadap situs bersejarah dan investasi untuk merevitalisasi situs-situs ini belum pernah terjadi sebelumnya di Arab Saudi, dan ini memberi kami berbagai aktivitas untuk dibagikan di antara keluarga dan teman,” katanya kepada Arab News.

Turkistani mengatakan bahwa dia kekurangan kemewahan itu dan sering mengejar sejarah dan budaya di negara lain. Kini setelah situs menakjubkan Kerajaan terungkap, dia ingin mengetahuinya, serta memperkenalkannya kepada cucunya.

“Salah satu penyesalan saya yang paling dalam adalah tidak belajar tentang negara saya, dan anak-anak saya juga tidak tahu. Saya ingin mengajak keluarga saya menjelajahi gua-gua ini dan mencoba menenggelamkan diri di masa lalu selama beberapa hari, ”tambahnya. (arabnews|azka).


Posting Komentar untuk " Melihat Keindahan Dari Gua-gua Kuno di Al-Baha Arab Saudi"