Hari Arafah dan Tradisi Wanita Mekah

Foto ArabNews
Pada saat jutaan Muslim melakukan perjalanan ke lembah Mina pada hari pertama haji, para wanita Mekah pergi ke Masjidil Haram tetapi kebiasaan ini kini terhalang oleh pandemi Covid-19.

Hari Arafah, hari paling suci dalam kalender  Islam, didedikasikan untuk doa dan persatuan, dan merupakan peristiwa penting bagi umat Islam.

Ini juga merupakan hari yang menjadi saksi fenomena lokal yang telah dipraktikkan selama berabad-abad. Saat jutaan peziarah menuju Gunung Arafat pada hari kesembilan Dul Hijjah,  keheningan menyelimuti Mekah, terutama Masjidil Haram.

Hanya dalam hitungan jam, lantai Mataf di sekitar Ka'bah—yang dulu dipenuhi orang-orang yang berziarah dengan ihram putih—tergantikan oleh ratusan jamaah, yang sebagian besar perempuan.

Fenomena ini telah disaksikan selama banyak orang dapat mengingat dan secara lokal dikenal sebagai "Yawm Al-Kholeef," berasal dari kata Arab untuk "batal" atau "kosong."

Ketika wanita dan anak-anak menuju Masjidil Haram, para pria menuju Mina dan Arafah bersama para peziarah.

Setiap tahun, orang Mekah, yang dikenal sebagai “mutawafein” di seluruh kota, mempersiapkan diri untuk musim haji segera setelah Idul Fitri berakhir saat mereka menunggu peziarah yang datang dari Jeddah melalui 'wukalaa' atau agen mereka.

Para wanita mempersiapkan rumah mereka untuk menyambut tamu mereka, yang akan tinggal selama beberapa hari atau sampai empat bulan, tergantung pada kesepakatan antara mutawef, wakeel, dan peziarah (jamaah).

“Hubungan antara jamaah haji dan mutawef solid dan tidak dikendalikan oleh kepentingan ekonomi,” kata Faten Hussein, seorang matawefa dan jurnalis yang mengkhususkan diri dalam haji dan umrah, kepada Arab News.

“Hubungan itu agak diatur oleh ikatan manusia, spiritual, dan agama. Profesi bagi generasi pertama mutawafein, diturunkan dari generasi ke generasi dan dianggap suatu kehormatan bagi mereka yang melayani dan membantu para peziarah, menjaga kenyamanan mereka.

Pada hari kedelapan Dul Hijjah, pria di seluruh kota — tua dan muda — mengumpulkan makanan, tenda, dan perlengkapan yang diperlukan, sebelum membimbing para peziarah dari Masjidil Haram ke Mina, di mana mereka akan tinggal selama haji sebelum mereka pindah ke  Arafat setelah fajar pada tanggal sembilan, menandai hari Arafah.

“Para mutawafein kemudian akan membawa para peziarah ke Masjidil Haram sambil berdoa di sepanjang jalan.

“Putra-putra mutawaf dan kadang-kadang bahkan putri-putrinya akan berjalan di belakang bersama para peziarah wanita. Ini untuk memastikan jamaah tetap bersama rombongan dan tidak tersesat atau tertinggal,” kata Husein.

Hingga penutupan Masjidil Haram baru-baru ini karena pandemi, wanita sering berkumpul dengan teman, anggota keluarga, dan tetangga mereka, mengemas makanan dan peralatan mereka dan pergi ke masjid untuk menghabiskan hari berdoa sambil menunggu matahari terbenam untuk berbuka puasa.

Dalam tradisi Islam, Muslim yang mampu yang tidak melakukan haji dianjurkan untuk berpuasa pada hari itu karena “itu menghapus dosa tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang".

 Setelah menghabiskan sepanjang hari di masjid yang didedikasikan untuk doa dan permohonan mereka, persiapan Idul Adha dimulai, dengan para wanita menuju ke pasar terdekat untuk membeli mainan untuk anak-anak keluarga dan permen untuk tamu yang berkunjung.

Saat ini, wanita masih memanfaatkan masjid yang kosong dan pergi keluar untuk melakukan ritual umrah atau menghabiskan waktu seharian berdoa di masjid, sesuatu yang menjadi kebiasaan bertahun-tahun bagi banyak orang di Mekah dan kota-kota terdekat.

Desainer grafis yang berbasis di Jeddah, Nedaa Zuhair mengatakan kepada Arab News bahwa di masa kecilnya, dia memperhatikan nenek dan bibinya pergi ke Mekah setiap tahun pada Hari Arafah saat dia menghabiskan hari di rumah bibinya yang memutuskan untuk tinggal di sana.

“Sampai baru-baru ini, saya perhatikan bahwa semakin banyak wanita akan pergi ke Mekah untuk hari itu.

“Meskipun kadang-kadang saya lebih suka tinggal di rumah dan menghabiskan hari bersantai dalam damai, saya kebetulan pergi beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir dan meskipun itu akan sangat sunyi, terutama mengetahui bahwa jutaan peziarah dari seluruh dunia berkumpul. hanya beberapa mil jauhnya, itu adalah perasaan yang istimewa,” katanya kepada Arab News.

“Pada tahun 2011, saya memiliki pengalaman seumur hidup ketika saya berjalan di sekitar Ka'bah dan ketika saya melihat ke kiri, saya menemukan bahwa hampir tidak ada orang yang menyentuh kiswah.

“Saya sangat fokus untuk menyelesaikan putaran saya sehingga saya tidak menyadari bahwa saya memiliki kesempatan dan mengambilnya. Saya menyentuh dan bersandar pada Ka'bah selama berabad-abad, saya tidak dapat menggambarkan rasa tenang yang saya dapatkan dan hubungan spiritual yang saya rasakan. Saya tidak pernah mendapat kesempatan untuk menyentuh kiswa lagi tetapi itu adalah kenangan yang saya hargai,” katanya.

“Saya menemukan bahwa tradisi sederhana seperti Yawm Al-Kholeef lebih dekat ke hati daripada sebelumnya karena kami tidak dapat pergi ke masjid tanpa izin  karena pandemi.

“Saya pikir suatu hari kita akan dapat kembali dan melakukannya lagi dan saya akan membawa putri kecil saya bersama saya untuk merasakan pentingnya hari itu seperti yang pernah saya lakukan dengan nenek saya,” tambah Zuhair.

Setelah matahari terbenam, persiapan untuk Hari Raya dimulai. Nampan cokelat dan permen disiapkan, pakaian bersih baru digantung, mainan ditumpuk di sudut dan dekorasi dipajang saat para wanita kembali dari pasar dan pasar untuk menambahkan sentuhan akhir.

Selama tiga hari, perayaan dengan keluarga dan teman dekat telah berlangsung, tetapi pekerjaan untuk para wanita belum selesai.

Husein menjelaskan bahwa setelah haji, para mutafir dan peziarah pulang ke rumah ke pesta dari tanah peziarah untuk menghormati mereka.

“Pada akhir abad ke-19, seorang putri dari Bhopal (dulunya negara bagian pangeran di India) menceritakan kunjungannya ke Mekah dan bagaimana dia menemukan bahwa rombongan wanita pemandu sangat menyenangkan dan penting karena didasarkan pada perlakuan yang baik dan pelayanan yang baik serta kebersamaan,” kata Husein.

“Semakin baik perlakuan yang diterima para peziarah dari keluarga mutawef, semakin terkenal keluarga tersebut di antara para peziarah, dan semakin banyak peziarah yang akan datang mengunjungi mereka. Ini adalah sarana iklan yang baik bagi mereka di antara orang-orang.” (arabnews|azka)


Posting Komentar untuk "Hari Arafah dan Tradisi Wanita Mekah "