Pilgub Jatim, PDIP Siapkan 700 Saksi Kawal Surat Suara

PDI Perjuangan Jawa Timur menyiapkan 700 ribu saksi untuk mengawal perolehan suara pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur pada pemilihan gubernur 2018.
"Mereka akan bertugas di semua tempat pemungutan suara, semua kelurahan dan desa," ujar Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan memulai rekrutmen saksi sekaligus membekalinya dengan pengetahuan, keterampilan dan peralatan yang dibutuhkan.

Kendati demikian, sebagian besar saksi sudah punya pengalaman bekerja saat Pilkada kota dan kabupaten, pemilu legislatif maupun pemilu presiden.

Tentang teknis pembekalan terhadap para saksi dan relawan, setiap DPC PDIP di masing-masing kota/kabupaten di Jatim akan melakukan pelatihan.

"Yang jelas dari sekitar 64 ribu TPS akan dijaga dua saksi atau lebih. Belum termasuk relawan Gus Ipul-Puti," ujar Untari yang juga anggota DPRD Jatim tersebut.

PDIP hanya ingin memastikan bahwa Pilgub Jatim 2018 berlangsung jujur dan adil, tidak ada politik uang maupun segala bentuk kecurangan. Selain itu, partainya mengajak semua pihak untuk menjaga proses demokrasi agar berlangsung baik, benar dan menggembirakan.

"Semua kekuatan PDIP, saksi, relawan Gus Ipul dan Mbak Puti akan bekerja maksimal dengan mengajak rakyat untuk memilih pasangan tersebut. Di saat coblosan, kami menjaga suara agar tidak ada kecurangan," kata Untari, seperti dikutip Antara, Jumat (1/2). (rmol.co|ant).

Posting Komentar untuk "Pilgub Jatim, PDIP Siapkan 700 Saksi Kawal Surat Suara "