Mahasiswa IPB Sabet Best Poster Presenter di Kompetisi TRI-U Jepang

Karimah Khairunnisa, mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih juara best poster presenter pada kompetisi TRI-U di Mie University Jepang akhir tahun 2017 lalu.

Ide cemerlang yang ditawarkan oleh Karimah yaitu pembuatan beras analog dari singkong dan kedelai. Ia mengatakan bahwa beras analog yang sudah dikomersialkan berasal dari jagung.
Oleh karena itu, ia ingin mencoba dari sumber lain untuk mendapatkan kandungan protein yang lebih tinggi.
"Pemilihan singkong dan kedelai merupakan hasil pertimbangan dalam perhitungan proteinnya. Dengan menggunakan singkong dan kedelai diharapkan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras analog yang sudah dikomersialisasikan yang berasal dari jagung," katanya dalam siaran pers Humas IPB.
Hipotesis dari penelitiannya tersebut ternyata benar, dengan menggunakan sumber singkong dan kedelai beras analog memiliki nilai protein yang lebih tinggi.
Hasil ini yang kemudian menghantarkan Rima menjadi Juara Best Poster Presenter dalam kategori Food Theme pada TRI-U 2017.
TRI-U merupakan acara internasional joint seminar dan symposium (JISS) dengan peserta yang berasal dari enam negara.
Acara ini dilaksanakan setiap tahun untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengeluarkan ide dan gagasan hasil penelitiannya dalam forum internasional. (tbn|alfa).

Posting Komentar untuk "Mahasiswa IPB Sabet Best Poster Presenter di Kompetisi TRI-U Jepang"