Tol Borr Kedungbadak - Simpang Yasmin Segera Beroperasi

foto bogordaily.net
Penyelesaian proyek pembangunan tol Bogor Ring Road (BORR) seksi II B Kedungbadak- Simpang Yasmin, Tanah Sareal, Kota Bogor, terus berjalan. Proyek ini tidak terpengaruh moratorium pemerintah pusat seusai insiden ambruknya tiang penyangga tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Project Manager PT Wijaya Karya (WIKA) Ali Afandi selaku pelaksana proyek mengaku optimistis lanjutan pembangunan fisik tol BORR seksi II A tetap dapat diselesaikan sesuai target.
“Meski sempat terhenti beberapa hari karena ikut terkena moratorium sehingga terdampak pada tertunda pemasangan erection box girder, akhirnya kita lolos audit dan bisa dilanjutkan. Insya Allah akhir Maret selesai,” kata Ali kemarin.
Ali bersyukur hasil audit Kementerian PUPR cepat meloloskan proyek jalan bebas hambatan yang sempat dihentikan selama beberapa hari ini. “Sambil menggeber pekerjaan erection di sisi utara P61 dan P62, saat ini kami juga sedang mengerjakan pengaspalan mulai dari P30 atau titik awal proyek tol BORR seksi II B,” ujarnya.
Sebetulnya, lanjut dia, proyek yang digarap perusahaannya ini telah dilanjutkan sejak Sabtu 24 Februari 2018 Sementara untuk pekerjaan erection sisi utara P61 dan P62 baru dimulai Selasa 27 Februari 2018.
“Jadi begini, saat dihentikan, progres tol BORR seksi IIB ini telah rampung 98,5% untuk pekerjaan fisik dan 100% untuk pembebasan lahan. Pekerjaan elevated yang tersisa satu bentang atau kurang lebih 50 meter dari 2,65 km total panjang jalan tol seksi IIB menghubungkan Kedung Badak-Yasmin,” katanya.
Dia juga membenarkan bahwa proyek tol BORR seksi IIB merupakan tol pertama yang lolos audit keselamatan setelah keputusan moratorium KemenPUPR.
“Saat itu, proses audit dimulai dari pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Dilakukan audit prioritas untuk melanjutkan proyek jalan Tol BORR seksi II B,” ucapnya.
Terkait pekerjaan konstruksi elevated yang dilakukan evaluasi oleh tim audit, yaitu pelaksanaan pemasangan span terakhir dengan panjang 45 meter. Saat itu, kegiatan audit dihadiri Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kepala Balai Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), Anggota KKJTJ, Jajaran Direksi PT MSJ, Kontraktor PT Wijaya KaryaTbk, Konsultan Perencana PT LAPI Ganesatama, Konsultan Supervisi PT Purna Jasa Bima pratama, dan Vendor Sub Specialist Pre Stressing PT DSI.
“Setelah dilakukan audit dari beberapa aspek maka disepakati dan ditandatangani Berita Acara Persetujuan pelaksanaan pengangkatan box girder span 61-62,” tuturnya.
Sementara kelanjutan dari pelaksa naan span sisi utara sebanyak 16 segmen saat ini masih berlangsung dengan melaksanakan pengalihan lalu lintas di bawahnya selama empat hari ke depan. (bogordaily.net).

Posting Komentar untuk "Tol Borr Kedungbadak - Simpang Yasmin Segera Beroperasi"