SDN Barengkok 02 Jasinga, Kondisinya Tinggal Tunggu Roboh

Kondisi ruang kelas SDN Barengkok 02 yang tak layak digunakan kegiatan belajar mengajar. (foto-fot fikri muharram|radar bogor).
Masalah infra­struktur, sarana, dan prasara­na gedung sekolah dasar ne­­ge­ri (SDN) di beberapa dae­­rah Kabupaten Bogor ma­sih me­nyimpan sejumlah per­­soa­­lan yang belum terse­lesaikan. Seperti yang terjadi di SDN Bareng­kok 02, Kampung Cibogo RT 01/08, Desa Ba­reng­kok, Kecama­­tan Jasinga.

Sebagaimana dilaporkan Pantauan Radar Bogor, Kamis (5/4), kondisi sekolah tersebut sangat mempri­hatin­kan. Ruang kelas berdebu, kusam, dan kotor akibat bebe­rapa dindingnya yang lapuk.
Kepala SDN Barengkok 02 Nurzen pun mengungkapkan kekha­wa­tirannya. ”Ya jelas sa­ya sangat prihatin. Duh, tidak tahu lagi harus mengungkap­kan apa kalau lihat kondisi anak-anak yang sedang belajar. Lantai banyak yang terkelu­pas, bahkan sudah terlihat tanah­nya.
Kusen baja ringan yang meng­gantung di atas ju­ga su­dah lepas dari badan tem­bok. Nah itu yang bikin pri­ha­tin­nya. "Saya takut itu ambruk tiba-tiba saat anak-anak be­la­jar di kelas,” ungkap­nya ke­pada Radar Bogor.
Selain itu, kata dia, satu unit gedung yang berisi tiga ruang kelas dan satu kantor pun su­dah sangat tidak layak diguna­kan. Guru-guru bahkan lebih me­milih istirahat di luar ruangan dari­pada di dalam.
”Karena me­mang takut. Apa­lagi bebe­rapa waktu ini, di wilayah Banten sering gempa. Nah, itu yang paling kami khawatirkan. Takut ngegubrak (jatuh),” tambahnya.
Nurzen menambahkan, ter­belahnya beberapa tembok juga membuat bangunan se­kolah terlihat doyong. Saat ditanya langkah apa yang pernah ia lakukan untuk me­ngantisipasi sekolah tersebut? Nurzen mengaku pernah terlibat di musyawarah pemba­ngu­nan bersama Pemerintah Desa Cibarengkok untuk me­rehab bangunan sekolah. Namun belum ada tindak lanjut dari pihak-pihak terkait untuk merespons keluhannya.
”Minggu lalu ada dari Bapeda sempat datang ke sini. Dia mengaku sangat prihatin de­ngan kondisi SD yang sudah doyong, belah, dan rusak ini. Dia juga minta foto-foto, saya kirimkan. Tapi ya gitu, belum ada tindak lanjut lagi seperti apa,” tandansya.
Sementara itu, Desi (9) murid SDN Barengkok 02 mengaku sangat sedih melihat sekolah­nya rusak seperti gedung tak ber­penguhuni. Ia berharap sekolahnya memiliki gedung yang lebih layak.
”Supaya enak belajarnya juga. Tidak seper­ti ini. Kalau ada yang lari de­bu­nya bisa ke mana-mana,” ucapnya.
Kondisi di SDN Barengkok 02 terdengar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor. Sayang, belum ada anggaran rehabilitasi untuk tahun ini.
Hal itu diungkapkan Kasi Ke­lembagaan dan Sarpras SD pada Disdik Kabupaten Bo­gor, Deddy Syarifudin. Ia juga a­kan me­lihat data-data yang te­lah ma­suk berdasarkan hasil mus­ren­­­bang untuk ditindak­lanjuti.
”Saya masih dinas di luar da­erah. Nanti saya coba lihat hasil musrenbangnya dulu. Setelah itu baru akan kita lihat langkah ke depannya seperti apa untuk merehab gedung SDN Ciba­rengkok 02,” tutupnya. (radarbogor.id).

Posting Komentar untuk "SDN Barengkok 02 Jasinga, Kondisinya Tinggal Tunggu Roboh"