Baru Citilink yang Mulai Jual Tiket Penerbangan dari Kertajati


foto kompas
Hinga dibukanya penerbangan melalui Bandara Kertajati yakni dengan ditandai dengan pendaratan perdana oleh Presiden Jokowi, Kamis siang (24/5) terpantau baru maskapai Citilink yang sudah menjual tiket penerbangan dari Bandara Kertajati.

Meskpun disebutkan oleh Menteri Perhubungan ada tiga penerbangan yang akan  menginisiasi penerbangan komersil dari Bandara Interasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Antara lain Citilink, Lion Air, dan Wings Air. Hingga peresmian Bandara Kertajati Kamis 24 Mei 2018.
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir mengatakan belum banyaknya maskapai penerbangan yang membuka jalur di Bandara Kertajati lantaran usianya yang masih baru.
"Memang kan pengalaman kita, kalau bandara baru itu 'airline' masih belum banyak berminat. Ketika penumpangnya banyak dan segala macam sudah mulai tumbuh, pastilah 'airline' akan berlomba ke situ (Kertajati)," kata Ibnu Munzir di Kantor Wakil Presiden.
Dikutip dari Kantor Berita Antara, Ibnu mengatakan pemerintah perlu mengupayakan untuk menarik minat maskapai untuk membuka jalur penerbangan dari dan menuju Majalengka.
Bentuk pendekatan tersebut dapat berupa pemberian subsidi atau keringanan biaya. Baik ongkos sewa terminal maupun pajak bagi maskapai yang berminat membuka jalur di BIJB. Baik oleh pemerintah pusat maupun daerah.
"Di daerah-daerah pun kalau kita bangun bandara kan kebanyakan disubsidi dulu airline-nya oleh pemerintah setempat. Setelah itu mulai peminatnya banyak dan jumlah penumpang preferensinya naik," kata anggota DPR dari Partai Golkar itu.
Oleh karena itu, Komisi V DPR RI tidak akan mengevaluasi pembangunan Bandara Kertajati dalam waktu dekat mengingat prosesnya masih berjalan.
"Biarkan dia berjalan dulu, berlangsung seperti yang kita harapkan. Jadi saya kira kami (DPR) juga tidak buru-buru melakukan evaluasi, itu baru diresmikan masa langsung dievalusi," ujarnya. (pr|ant|azka).

Posting Komentar untuk "Baru Citilink yang Mulai Jual Tiket Penerbangan dari Kertajati "