KBM Ditiadakan yang Ada Hanya Pendalaman Agama Bagi Siswa SD dan SMP

Di bulan Ramadhan, siswa SD maupun SMP di Kabupaten Purwakarta sementara tidak mengikuti kegiatan belajar dan mengajar (KBM).‎ Para siswa ini difokuskan dahulu dalam kegiatan pendalaman agama.




Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, di ruang kerjanya pada‎ Kamis 17 Mei 2018. 
Menurut Purwanto selama Ramadhan, pelajar tingkat SD dan SMP istilahnya mengikuti kegiatan pesantren. Tetapi bukan pesantren kilat karena waktu pendalaman agamanya yang cukup lama terutama bagi siswa SMP.
‎"Anak SMP, mengikuti pesantrennya sampai 22 hari. Terhitung sejak 17 Mei sampai 7 Juni 2018. Sementara‎ untuk pelajar SD, mereka mengikuti kegiatan pesantrennya lebih pendek. Karena, mulainya terhitung Senin 28 Mei sampai Kamis 7 Juni 2018. Jadi, pelajar SD ini mendalami agamanya hanya 11 hari," ucapnya.
Menurut dia, pendalaman agama ini, bisa dilakukan di masing-masing sekolah dengan mendatangkan guru agama. Atau, para pelajar ini bisa menimba ilmu langsung ke pondok pesantren ataupun masjid di sekitar lokasi sekolah. 
"Jadi, soal lokasi tempat anak mendalami agama ini, tergantung dari kesiapan masing-masing sekolahnya," ucapnya.
Purwanto pun menyampaikan jumlah pelajar yang akan mengikuti kegiatan pendalaman agama ini, untuk siswa SD ada 98.878 pelajar. Sementara untuk pelajar SMP ada 40.425 siswa. 
"Program ini, berlaku juga bagi pelajar yang menganut agama di luar Islam. Jadi, pelajar yang non muslim juga turut mengikuti pelajaran agama sesuai dengan keyakinan yang dianutnya," ucapnya seraya menambahkan kami juga sudah persiapkan guru dari agama selain Islam.
Sehingga diharapkan nantinya semua siswa SD dan SMP baik muslim dan non muslim, sehabis mendapatkan pendalaman agama ini bisa lebih baik di masa datang.
Sementara itu, Siti Maryam (11 thn) pelajar SDN Sudirman 3 Purwakarta, mengaku, sangat senang dengan adanya pelajaran pendalaman agama selama bulan puasa ini. Sebab, kegiatan ini bisa untuk mengisi liburan sekolah.
"Saat ini, KBM sudah selesai. Jadi, kita ada kegiatan selama puasa. Sehingga ini sama saja dengan mengisi liburan dengan hal yang bermanfaat. Sekalian sambil menunggu pembagian raport," ujarnya. (pr|azka).



Posting Komentar untuk "KBM Ditiadakan yang Ada Hanya Pendalaman Agama Bagi Siswa SD dan SMP"