Tol Malang-Pandaan Siap Difungsikan Saat Mudik Lebaran 2018

Sebagian ruas tol Malang-Pandaan akan difungsikan untuk melayani para pemudik pada Lebaran tahun 2018 ini. Ruas yang akan difungsikan khususnya Seksi 1 dan Seksi 3.




Secara total, tol Malang-Pandaan memiliki panjang 38 kilometer (km). Namun yang akan difungsikan hanya sepanjang 16 km.

Ruas tol ini direncanakan siap sebagai jalur mudik fungsional pada H-10, yang ditandai dengan penghentian pekerjaan konstruksi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan puncak kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut diperkirakan pada H+1 sampai H+5 Lebaran. Karena Kota Malang dan Kota Batu merupakan destinasi wisata yang selalu ramai pada musim liburan.

“Tol Malang-Pandaan yang fungsional adalah ruas Pandaan-Sukorejo sepanjang 5 Km dengan jalan beton (rigid pavement) yang merupakan bagian dari Seksi 1 Pandaan-Purwodadi  dengan panjang total 15 km. Kemudian Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km yang dilengkapi akses keluar  sepanjang 4 Km menuju Karanglo dengan kondisi rigid sepanjang 5 Km dan sisanya 6 km berupa lapisan lean concrete,” kata dia di Jakarta, Sabtu (2/3/2018).



Tiga seksi lainnya, yaitu Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 Km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 Km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 Km belum bisa dilalui Lebaran tahun ini.

Progres konstruksi secara keseluruhan saat ini sudah mendekati 54% dan progres pengadaan lahan 84%. Lahan yang belum dibebaskan sebagian besar berada di Seksi 4 dan Seksi 5 yang melewati kawasan perkotaan Malang yang padat penduduk.



Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,9 triliun, dimana nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun.

“Pada September 2019, Seksi 1, Seksi 2 dan Seksi 3 akan selesai dan siap diresmikan. Untuk Seksi 4 dan Seksi 5 ditargetkan pada 2019 rampung,” tandas Basuki.




Posting Komentar untuk "Tol Malang-Pandaan Siap Difungsikan Saat Mudik Lebaran 2018"