Karena Kesehatan, 5 Jamaah Calon Haji Jabar Ditunda Pemberangkatannya


Pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Jawa Barat tahun 1439 H/ 2018 M sudah memasuki hari ketujuh. Sudah 18 kloter yang diberangkatkan dan alhamdulillah telah berada di Madinah.

Jamaah Calon Haji tengah dilakukan pemeriksaan kesehatannya (foto humas kemenag).
Selama proses pemberangkatan berlangsung beberapa JCH yang masuk ke Asrama Haji Bekasi ada yang mengeluhkan kesehatannya dan beberapa diantaranya ada yang mengalami gangguan kesehatan serius yang diiharuskan untuk dirawat.

“Dari awal kloter 1 sampai hari ini kami sudah menerima JCH yang mengeluhkan kesehatannya dan memang diantara mereka ada yang dengan status RISTI,” ujar koordinator kesehatan KKP Klas 2 Kota Bandung, dr. Meddy.

Dijelaskan lebih rinci, dr. Meddy menyebutkan bahwa beberapa JCH yang tidak terlalu berat tetapi perlu penanganan serius, langsung mendapatkan rujukkan ke RSUD Kota Bekasi. 

“Setelah itu, kami menunggu keputusan status dari RSUD apakah JCH tersebut layak terbang atau tidak,” kata dokter yang akan menjadi petugas haji pada kloter 86.


Saat dikonfirmasi pada Bidang Dokumen PPIH Embarkasi Jakarta-Bekasi Tahun 1439H/ 2018M, Kepala Bidang Dokumen, H. Gatot Fajar Arifianto, memberikan keterangan mengenai data JCH yang dibatalkan pemberangkatannya.

“Dari data yang kami terima sampai pada kloter 18, ada 5 orang JCH yang ditunda pemberangkatannya dengan alasan kesehatan serta 2 orang pendamping dari JCH yang sakit tersebut. Jadi, JCH tersebut ada yang dikembalikan lagi ke daerah asalnya untuk diobati sampai tuntas dan apabila kesehatannya telah pulih dan dinyatakan oleh tim kesehatan sudah layak terbang maka akan diberangkatkan pada kloter berikutnya yang sesuai dengan daerah asalnya,” jelas Gatot panggilannya.

Bagi JCH yang ternyata sakit keras kemudian belum pulih sampai akhir pemberangkatan, Pak Gatot pun menuturkan bahwa JCH tersebut sudah otomatis akan diberangkatkan kembali tahun depan.

Menurut laporan harian pemberangkatan, JCH asal Jawa Barat yang sudah diberangkatkan berjumlah 7.355 orang yang berasal dari 18 kloter dengan keterangan jadwal penerbangan akhir pada  pukul 20.53 wib, Hari Minggu tanggal 22 Juli 2017. (kemenag jabar|azka).


Posting Komentar untuk "Karena Kesehatan, 5 Jamaah Calon Haji Jabar Ditunda Pemberangkatannya"