Fadli Zon Ajak Generasi Muda Bogor Lestarikan Budaya Sunda


Guna meningkatkan gerakan edukasi pelestarian budaya sunda dan pengembangan budaya keris nusantara, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Fadli Zon akan meluncurkan buku berjudul Kujang Pasundan, pada Rabu 26/9 di gedung tegar beriman Kabupaten Bogor.


Menurut Fadli, budaya merupakan kekayaan identitas Negara juga bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan untuk itu pelestarian budaya sangat penting dilakukan.

“Melalui sarasehan dan peluncuran buku diharapkan memotivasi generasi muda untuk peduli terhadap budaya terlebih di era globalisasi dan kemajuan teknologi seperti saat ini,“tuturnya.

Fadli menegaskan, Kabupaten Bogor merupakan pusat budaya karena terdapat kekayaan budaya tua seperti situs yang jumlahnya mencapai ratusan situs. Sehingga Kabupaten Bogor memiliki potensi untuk mengembangkan wisata sejarah, budaya, kuliner dan pelestarian heritage, yang akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor.

“Harusnya Kabupaten Bogor menjadi tujuan wisata budaya sejarah, alam, kuliner dan agama. Bukan hanya tempat transit, tetapi menjadi destinasi dan pusat budaya. Ini potensi yang sangat besar, dan bisa menjadi icon banyak budaya yang dimiliki  Bogor seperti pencak silat, kujang dan angklung,” tegasnya.

Ia menambahkan, melelui peluncuran buku tersebut tidak saja dapat melestarikan budaya kujang dari masa lalu sampai sekarang. Juga menjadi wadah bagi para seniman dan budayawan sunda atau Jawa Barat.

“Mereka (Budayawan dan seniman) adalah aset kemajuan bangsa,” ucapnya.

Terlebih, tambah fadli, Kabupaten Bogor memiliki banyak seniman dan budayawan dengan keahlian khusus seperti budayawan pencak silat jurus pamonyet, pamacan yang saat ini sulit dimiliki dan ditemui. Hal itu menjadi aset besar bagi peningkatan dan perkembangan destinasi wisata budaya di Kabupaten Bogor.

“Ini menunjukan Kabupaten Bogor memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, saya optimis Kabupaten Bogor tidak hanya jadi pusat budaya, akan tetapi mampu meningkatkan ketahanan sosial dan ekonomi masyarakatnya melalui budaya tersebut,” imbuhnya. (Diskominfo Kabupaten Bogor).

Posting Komentar untuk "Fadli Zon Ajak Generasi Muda Bogor Lestarikan Budaya Sunda "