10 Manfaat dan Khasiat Kubis Ungu untuk Kesehatan Tubuh

Kubis ungu adalah jenis kubis yang masih jarang kita temui. Jenis kubis ini berwarna putih keunguan sehingga tampak lebih cantik dari kubis biasa. Harga kubis ungu sendiri memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan kubis biasa namun khasiatnya untuk kesehatan tak kalah hebatnya.


Kubis  ini pengolahannya hampir sama seperti kubis hijau, dapat menjadi bahan pelengkap masakan berupa sayuran atau sekedar lalapan segar yang menyehatkan.


Kandungan alami dengan gizi yang lengkap dalam kubis ungu menjadikan sayuran ini patut untuk Anda coba. Kubis ini mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, betakaroten, folat, thiamine, pridoksin, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga dapat memperoleh sejumlah nutrisi lainnya seperti serat, protein, gula alami, air, dan karbohidrat. Mengonsumsi kubis ungu akan membuat Anda jauh lebih sehat dan kuat dari serangan penyakit.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat kubis ungu, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan sayur ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Baik untuk kesehatan mataKhasiat kubis ungu yang pertama adalah baik untuk menyehatkan mata Anda. Kubis ini akan memberikan nutrisi untuk kesehatan mata dengan membuat penglihatan Anda lebih jelas dan juga tajam. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit mata seperti katarak maupun penyakit lainnya seperti perih, gatal, dan juga mencegah rabun.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Khasiat kubis ungu juga dapat menjaga ketahanan tubuh Anda dari penyakit. Kandungan gizi dalam sayuran kubis ini akan membuat tubuh Anda lebih kuat dan tidak mudah tertular penyakit. Daya tahan tubuh berkaitan dengan sistem imun. Maka jika Anda mengonsumsi kubis ini dengan rajin, maka sistem imun Anda akan berfungsi dengan lebih optimal.

3. Menguatkan tulang

Khasiat kubis ungu dengan kalsium dan beberapa vitamin di dalamnya akan menjadikan tulang Anda semakin kuat dan sehat. Sayur kubis ini akan meningkatkan kesehatan tulang dari dalam sehingga tulang Anda tidak akan mudah patah maupun keropos. Tidak hanya untuk orang tua saja, namun Anda yang masih muda pun dianjurkan untuk mengonsumsi sayur ini.

4. Baik untuk kesehatan gigi

Khasiat kubis ungu mampu menjaga kesehatan gigi Anda dengan lebih baik. Hal ini dapat Anda peroleh jika rajin mengonsuminya dan juga tidak lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur. Gigi yang sehat akan terhindar dari rasa nyeri karena terlalu sering sakit gigi atau pun gigi yang mudah rontok dan mengeropos.

5. Mencegah penyakit kanker

Khasiat kubis ungu untuk kesehatan tubuh akan mencegah penyakit kanker. Penyakit yang menyerang sel tubuh ini bisa muncul sebagian besar karena serangan radikal bebas yang mempengaruhi kesehatan sel. Anda dapat menghindari penyakit ini sejak dini hanya dengan rajin memakan sayuran ungu ini dengan rutin.

6. Menyehatkan sistem pernapasan

Siapa sangka jika kubis ungu sangat baik untuk menyehatkan pencernaan Anda. Sayuran kubis berwarna ungu ini dapat mencegah terjadinya penyakit yang mengganggu sistem pernapasan Anda. Selain sesak nafas, penderita asma pun disarankan untuk mengonsumsi kubis ini agar penyakit asmanya dapat diredakan dengan cepat saat kambuh.


7. Baik untuk saluran pencernaanSaluran pencernaan Anda akan menjadi lebih bersih dan juga sehat dengan memakan kubis ungu. Sayuran ini ampuh dalam melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat alami yang berfungsi dalam mengikat sisa makanan yang menempel pada lambung maupun usus Anda. Keuntungan lainnya, Anda tidak akan mengalami sembelit.

8. Pereda nyeri pada otot

Kelebihan kubis ungu juga terletak pada sifat anti inflamasinya yang dapat meredakan radang dan nyeri, terutama pada otot. Otot yang nyeri bisa diakibatkan oleh gerakan tubuh yang salah atau melalukan olahraga yang terlalu berat untuk tubuh Anda. Sayur kubis yang satu ini akan membantu otot Anda lebih rileks dan tidak tegang sehingga rasa nyeri dapat disembuhkan.

9. Menyehatkan lambung

Kesehatan lambung bisa Anda peroleh dengan rajin memakan kubis ungu. Sayur ini sangat baik untuk asam di lambung sehingga tidak menimbulkan penyakit maag. Kubis ini juga sangat mudah untuk dicerna dan tidak akan menimbulkan maag. Jika ingin menikmatinya dengan nikmat, Anda dapat mengolahnya bersama dengan buah dan sayuran lain.

10. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang menanjak naik akan membuat penyakit hipertensi menyerang tubuh Anda. Untuk mencegahnya, Anda hanya perlu memakan kubis ungu dengan rutin. Sayuran ini akan membuat tekanan darah Anda lebih mudah untuk dikontrol. Itulah mengapa kubis ini juga sering disebut sebagai sayuran bermanfaat dengan fungsi anti hipertensi yang berkhasiat. (khasiat.co.id).


Posting Komentar untuk "10 Manfaat dan Khasiat Kubis Ungu untuk Kesehatan Tubuh "