Kabupaten Bogor Raih 3 Emas Porda Jabar 2018 di Nomor Catur Cepat

Atlet catur Kabupaten Bogor sukses mendominasi medali emas pada nomor perorangan dan beregu catur cepat Porda Jawa Barat XIII/2018 di Hotel Seruni, Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu 6 Oktober 2018. Dominasi didapatkan usai Kabupaten Bogor meraih tiga medali emas dan dua medali perak dari empat nomor final yang dipertandingkan pada hari keempat cabor catur Porda Jabar.

Tiga medali emas itu disumbangkan oleh Irene Kharisma Sukandar yang sukses menjadi yang terbaik di nomor perorangan putri catur cepat usai meraih 7 poin. Irene unggul atas rekan sedaerahnya yang juga berasal dari Kabupaten Bogor dan berhak atas medali perak yakni Arlisa Seputra dengan 5 poin.

Peringkat ketiga ditempati catur dari Kabupaten Cirebon yakni Eka Widyaningsih yang juga dengan 5 poin. Arlisa unggul tipis dari perolehan buchol (nilai perjalanan lawan yang dijumlahkan) atas Eka.

Dominasi Kabupaten Bogor berlanjut pada nomor perorangan putra catur cepat. Dimana mereka mampu meraih satu medali emas dari atlet mereka Yoseph Theolifius Taher. Yoseph mampu mengalahkan pecatur kenamaan Grand Master Susanto Megaranto yang harus puas meraih medali perak.

Kemenangan Yoseph atas Susanto juga cukup ketat. Itu karena, keduanya sama-sama meraih enam poin, hanya saja jumlah Sonnerber Berger (SB) atau poin atlet dikalikan dengan jumlah poin lawan yang bertanding lebih besar jumlah Yoseph. Yoseph mengantongi 24,50 SB sedangkan Susanto mengantongi 23,50 SB. Posisi ketiga ditempati Johan Gunawan dengan raihan 4,5 poin.

Emas ketiga tuan rumah Porda Jabar 2018 ini dipersembahkan di nomer beregu putri catur cepat. Kabupaten Bogor meraih 13 master poin (MP), unggul atas Kabupaten Bekasi dengan 11 MP.

Peringkat ketiga ditempati oleh Kota Bekasi dengan 13,5 MP. Tim beregu putri Kabupaten Bogor diperkuat oleh Medina W, Dewi AA Citra, Dita Karenza dan Diajeng T Singgih.

Medali perak lainnya Kabupaten Bogor diperoleh dari beregu putra catur cepat mereka meraih 12 MP. Kalah dari Kabupaten Bekasi yang meraih medali emas dengan raihan 13 MP. Perunggu diraih oleh Kabupaten Bandung dengan 10 MP.

Seusai laga Pelatih catur Kabupaten Bogor Yudi A Permana mengaku bersyukur dengan raihan tiga emas pada Sabtu 6 Oktober 2018 ini. Menurut dia, dengan kemenangan ini maka Kabupaten Bogor telah meraih enam medali emas.


“Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan tiga medali emas dan dua perak. Walau sebenarnya kami menargetkan empat medali emas, tapi Kabupaten Bekasi mampu tampil baik. Kami kalah tipis,” ujarnya.

Dengan raihan tersebut, kata Yudi, maka pelan tapi pasti pihaknya siap memenuhi target 12 medali emas yang dicanangkan KONI Kabupaten Bogor. Menurut dia, tim Kabupaten Bogor sudah memenuhi minimal 50 persen dari target awal yang dicanangkan.

“Dari 12 medali emas yang ditargetkan kami telah meraih 6 emas, artinya sudah 50 persen. Kami masih memiliki nomer unggulan lainnya di laga catur selanjutnya,” tuturnya.

Menurut dia, nomor yang masih bisa diandalkan Kabupaten Bogor adalah beregu standar putra dan putri sama nomor papan terbaik putra dan putri. Dia menambahkan, untuk memenangkan itu semua diperlukan fokus serta konsentrasi.

“Kita harus menjaga konsistensi pertandingan. Kami berterima kasih kepada pengurus, PB Porda dan KONI Kabupaten Bogor yang mampu memenuhi semua kebutuhan atlet,” katanya.(pikiran rakyat).


Posting Komentar untuk "Kabupaten Bogor Raih 3 Emas Porda Jabar 2018 di Nomor Catur Cepat"