Dihadapan Jemaah Mempawah Kalbar, Letkol H. Rustam Effendi Edukasi Keselamatan Berhaji

Foto Alumnipetugashaji
Seorang anggota TNI Letkol. H. Rustam Effendi  yang bertugas di Kodam Kalimantan Barat menjadi pemateri manasik haji. Loh kok bisa seorang TNI menjadi nara sumber di kegiatan manasik haji. Dimana Kompetensinya? Inilah kira-kira pertanyaan yang timbul. 

Letkol H. Rustam Effendi dipercaya Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Kalbar untuk memberikan materi manasik haji kepada jemaah haji yang berkaitan dengan keamanan tentunya.

Ya, Rustam,  pernah menjadi petugas haji dari unsur perlindungan jemaah (Linjam) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Karena itu materi yang disampaikannya pun masih berkaitan dengan keamanan. Yakni disampaiakan  bagaimana trik-trik menjaga keselamatan diri, selama berada di Tanah Suci, Makkah dan Madinah.

Baca Juga: Komisi 8 DPR-RI, Kemungkinan Biaya Haji 2021 Ada Perubahan

“Hari ini, kami sampaikan edukasi tentang trik-trik bagaimana menjaga keselamatan diri, selama berada di Tanah Suci. Seperti selama berada di Mekkah, Madinah, Jeddah, Arafah, Muzdalifah dan Mina,” kata Rustam usai menyampaikan materi di dalam kegiatan manasik haji sepanjang tahun di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, seperti dikutip laman alumnipetugashaji.or.id. Selasa (15/12).

Sebagai salah satu perwira terbaik di Kodam Kalimantan Barat ini, namanya tak asing lagi di tengah-tengah masyarakat. Terutama, jemaah haji yang akan berangkat pada tahun-tahun mendatang.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa program manasik haji sepanjang tahun ini bisa diikuti oleh jemaah haji yang masuk daftar tunggu.

“Mau antri setahun, dua tahun, sampai belasan tahun pun silahkan ikut. Kami akan berikan bimbingan manasik sepanjang tahun tanpa berhenti dengan pelaksanaannya secara online dan offline (tatap muka). Berhubung masih pandemi maka kegiatan tatap muka dilakukan dengan prosedur protokol kesehatan yang ketat,” ujar Rustam. (alifah). = sumber: https://alumnipetugashaji.or.id/dihadapan-jemaah-kalbar-alumni-linjam-edukasi-keselamatan-berhaji/

Posting Komentar untuk "Dihadapan Jemaah Mempawah Kalbar, Letkol H. Rustam Effendi Edukasi Keselamatan Berhaji"