Hal Hal Sepele Tapi Dilarang Oleh Syariat

Ada beberapa perkara yang dianggap sepele oleh manusia, padahal perkara tersebut dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, yaitu;

Pertama, larangan berjalan dengan satu sandal. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radliyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:


Artinya: "Janganlah salah seorang diantara kalian berjalan dengan satu sandal. Hendaklah ia memakai keduanya atau melepas keduanya." (HR. Muslim | Muslim, Al-Libas waz Zinah, 2097).

Abu Hurairah juga meriwayatkan hadits yang lain, Rasulullah SAW bersabda;

Artinya: "Jika tali sandal salah seorang diantara kalian terputus, makan janganlah kalian berjalan dengan sebelah sandal hingga kalian memperbaikinya terlebih dahulu." (HR. Bukhari | Al-Bukhari, Al-Libas 5518)

Kedua, larangan memasuki tempat-tempat kaum yang diazab. Ibnu Umar RA meriwayatkan;

Artinya: "Bahwasannya Nabi SAW ketika berjalan melewati Al-Hijr (kota kaumnya Nabi Shaleh) beliau bersabda, 'Janganlah kalian memasuki tempat tinggal orang yang telah mendzalimi diri mereka sendiri kecuali jika menengis, karena dikhawatirkan kalian terkena musibah sebagaimana mereka mendapatkannya.' Kemudian beliau menutup kepala dan wajah beliau sedangkan beliau berada di atas tunggangan." (HR. Bukhari | Al-Bukhari, Aditsul Anbiya'i, 3200).

Ketiga, larangan melakukan penyiksaan dengan api. Abu Hurairah RA meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda;

"Sesungguhnya tidak boleh ada yang menyiksa dengan api kecuali Allah." (HR. Bukhari | Al-Bukhari, Al-Jihad was Sairu, 2853).

Dalam hadits yang lain disebut, Ali RA meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda;


"Janganlah kalian menyiksa dengan siksaan Allah (yaitu dengan api)." (HR. Bukhari | Al-Bukhari, Al-Jihad was Sairu. 2854).

Hadits hadits diatas menunjukkan bahwa syariat melarang beberapa perbuatan karena suatu hikmah dan kemaslahatan yang adakalanya tidak kita ketahui. Akan tetapi, wajib bagi kita untuk tunduk dan berusaha meninggalkannya seshingga seseorang tidak terjebak dalam tindakan yang menyelisihi perintah Rasulullah SAW.

Posting Komentar untuk "Hal Hal Sepele Tapi Dilarang Oleh Syariat "