Ibadah Haji Penuh Tantangan Tapi Harus Optimistis

Foto Kemenag Kota Bandung

Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 penuh tantangan, karena masih dibayang-bayangi kondisi pandemi covid-19. Meski demikian, tetap harus optimistis dan ber-husnudzon kepada Allah SWT. Semoga tahun 2021 akan lebih baik dan wabah dapat segera teratasi.

"Dengan demikian pemberangkatan ibadah haji tahun depan dapat terlaksana," ujar Kepala Kemenag Kota Bandung, Drs. H. Tedy Ahmad Junaedi, M.Si, pada sosialisasi persiapan penyelenggaraan haji tahun 2021, di hotel Holiday Inn Bandung, Kamis lalu (24/12/2020).

Menurutnya, jumlah pendaftar haji di Kota Bandung sebanyak 51.000 orang dengan estimasi antrian keberangkatan selama 21 tahun. Jadi, jika terdapat penundaan kembali pemberangkatan, maka akan menambah lama masa tunggu keberangkatan.

Sebagaimana informasi yang ada, jumlah kuota haji Kota Bandung tahun 2021 sebanyak 2.427 orang. Rasio antara pendaftar dengan jumlah kuota haji Kota Bandung, menuntut kesabaran karena kapasitas haji di tanah suci terbatas.

Sebagai upaya pelayanan kepada jemaah haji Kota Bandung, Kementerian Agama terus bekerja keras demi terselenggaranya ibadah haji tahun 2021, dengan melakukan komunikasi kepada calon jemaah yang akan diberangkatkan.

Diungkapkan, data jumlah jemaah haji yang telah melakukan pelunasan BPIH tahun 2020 sebanyak 2.194 orang. Sementara yang mengajukan pengembalian pelunasan BPIH sebanyak 20 orang. 

 

Selain itu, Kementerian Agama Kantor Kota Bandung terus mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan salah satunya adalah paspor. Adapun jemaah yang telah menyerahkan paspor sebanyak 2194 calon jemaah.

Sedangkan 245 calon jemaah yang masa berlaku paspornya perlu diperpanjang. Hal ini terus dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021, agar pada waktunya diharapkan kegiatan dimaksud dapat terselenggara dengan lancar. (kmg|alfa). #https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/ibadah-haji-penuh-tantangan-tapi-harus-optimistis

Posting Komentar untuk "Ibadah Haji Penuh Tantangan Tapi Harus Optimistis"