Kemenag Anambas Kepri Beri Penjelasan Terkait Perhajian di Majelis Majelis Taklim

Foto Kemenag Anambas
Dalam memberikan pelayanan kepada jamaah calon haji, Kementerian Agama terus bekerja ekstra keras. Hal ini seperti yang dilakukan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Kemenag Anambas, Dr. H. Erizal, MH dalam kunjungan ke Majelis-majelis Taklim memberikan sosialisasi dan pembinaan haji untuk ibu-ibu majlis ta'lim Masjid Al-Wutsqha Desa Bayat pada  Jum'at 11 Desember 2020.

Turut hadir menyertai Kakankemenag Anambas dalam kesempatan ini yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Adam Nur,S.Ag l, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Muslimin Can, S.Pd.I, Penyuluh Agama PNS Rudi Hartono, S.Ud, Ketua DWP Reisa Helmawati, Kepala Desa Bayat serta para imam dan ibu-ibu majlis ta'lim.

Kakankemenag menjelaskan kepada ibu-ibu majlis ta'lim pentingnya melaksanakan haji. Karna ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima. Sebagai seorang muslim wajib mengerjakannya, namun ibadah haji ini memiliki kekhususan tersendiri,  di khususkan kepada orang yang memiliki kemampuan baik dari segi harta dan fisiknya.

Baca Juga: Mengingat Kematian Jadi Bahasan Subuh Keliling Kakankemenag Anambas
"Bagi yang tidak memiliki kemampuan dari kedua hal tersebut maka haji tidak diwajibkan untuknya," Erizal dalam keterangan tertulisnya. 

Kakankemenag juga mengajarkan kalimat talbiyah kepada jamaah serta mengajak jamaah membacanya secara bersamaan yang tujuannya agar para jamaah bisa merasakan bagaimana nikmatnya kalau kalimat talbiyah itu kita bacakan di tanah suci nantinya.

"Untuk bisa ketanah suci bukan hanya faktor uang, namun niat yang kuat itu yang lebih utama, Karna ada orang yang bisa berangkat haji namun ekonomi nya rendah, dan ada juga orang yang diberikan kelebihan harta namun tidak bisa berangkat haji itu disebabkan karna niat yang kurang. Karna cara Allah itu bermacam-macam untuk bisa memberangkatkan haji," jelasnya.

Erizal juga menjelaskan proses Penyelenggaraan Haji di awali dengan melakukan pendaftaran, selanjutnya adanya perencanaan, penetapan BPIH dan pelunasan dengan mempersiapkan petugas haji, hingga adanya pelayanan Embarkasi dan melakukan pemvisaan  kloter dan operasional haji. (kmg|alifah).
https://kepri.kemenag.go.id/page/det/kakankemenag-anambas-berikan-penjelasan-terkait-sosialisasi-dan-pembinaan-haji-untuk-majlis-ta-lim

Posting Komentar untuk "Kemenag Anambas Kepri Beri Penjelasan Terkait Perhajian di Majelis Majelis Taklim"