Walikota Batam Ajak Warganya Untuk Maksimal Potensi Zakat

Foto Kemenag Batam
Untuk memaksimalkan potensi zakat demi kesejahteraan masyarakat, Wali Kota Batam, H.  Muhammad Rudi, dalam program Baznas Berbagi mengatakan, potensi zakat di Batam mencapai Rp80 miliar lebih. 

Dari total itu, kata Muhammad Rudi, baru bisa terkumpul Rp8 miliar yang dapat disalurkan melalui Badan Amli Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam.

"Tentunya hal tersebut perlu dimaksimalkan lagi demi kesejahteraan masyarakat yang berhak menerima zakat," ungkap Muhammad Rudi saat menyerahkan secara simbolis bantuan BAZNAS Berbagi di Masjid An-Nur, Lubukbaja, Sabtu lalu (12/12//2020).

Sebagai Wali Kota Batam, ia sudah membuat kebijakan pembayaran zakat bagi pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, dan bahkan zakat yang bersumber gaji pegawai Pemkot tersebut menyumbang 80 persen lebih penerimaan zakat di Kota Batam.

“Akan saya terapkan kebijakan yang sama di BP (Badan Pengusahaan) Batam agar potensi zakat bisa maksimal,” ungkapnya lagi.

Selain itu, Walikota  juga mengajak kepada semua pemberi zakat atau muzaki agar secara rutin menyalurkan zakat melalui BAZNAS Kota Batam karena zakat yang masuk akan disalurkan demi kesejahteraan mustahik atau penerima zakat.

Terimakasih kepada Baznas Kota Batam yang sudah menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat khususnya di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Harus tepat sasaran. Penerima zakat itu harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah diatur agama,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, H. Zulkarnain Umar mengatakan, Baznas ini menjalankan perintah Allah. Jadi, Petugas-petugas baznas ini mereka itu menjalankan perintah Allah.

Baca Juga: Kemenag Batam Sampaikan Manasik Dari Rumah ke Rumah Khususnya Jamaah Lansia

"Pemerintah Kota Batam telah menjalankan amanat itu sesuai dengan Undang-undang. Pemerintah Kota Batam yakni Wali Kota Batam menjalankan amanat Undang-undang. Dengan contoh, seperti gaji ASN dipotong, tunjangan kinerja, jabatan yang diakumulasi berapa di dapat dan disalurkan zakatnya," terang Zulkarnain Umar.

Jadi, tambahnya,  informasi atau pesan ini harus kita sampaikan kepada saudara kita, masyarakat muslim di Kota Batam terutama yang berada di bawah garis kemiskinan supaya bisa terbantu.

Labih lanjut Zulkarnain Umar mengatakan, Kementerian Agama sudah melakukan kerjasama dengan BUMN dalam pembinaan usaha kecil menengah dan sudah menggratiskan 60 (enam puluh) sertifikat halal yang semua biayanya ditanggung oleh Kementerian Agama khusus Kota Batam ada 60 pengusaha yang sudah diberikan sertifikat halal gratis bekerjasama dengan Dinas koperasi dan UKM.

“Mari bersama dan terus bekerjasama, terus menyatukan visi dan langkah bersama dengan Baznas Kota Batam sehingga bisa berjaya, karena saya yakin sebagaimana yang kita lihat Wali Kota Batam berkomitmen untuk membangun Kota Batam dan masyarakat kota Batam untuk kebaikan kita bersama," katanya. (kmg|alifah). https://kepri.kemenag.go.id/page/det/demi-kesejahteraan-masyarakat-maksimalkan-potensi-zakat-

Posting Komentar untuk "Walikota Batam Ajak Warganya Untuk Maksimal Potensi Zakat"