Kemenag Dumai Gelar Pembekalan Karu dan Karom

Foto Kemenag Dumai

Kantor Kementerian Agama mulai melakukan pembekalan bagi Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Dumai, Senin (7/12/2020).

Kegiatan itu berlangsung di Ruang Multimedia Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Dumai Jalan Bukit Datuk Lama Dumai. Sebagai nara sumber  adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai, Drs. H. Syafwan.

Dia  menyampaikan beberapa permasalahan yang biasa terjadi dalam menjalankan ibadah haji. 

“Permasalahan umum  adalah baik Karu atau Karom masih belum memahami tugas utamanya. Kedua pemahaman Fiqih yang terbatas belum lagi ditambah dengan karakter yang tertutup. Malu atau gengsi untuk bertanya dan tidak mau berkoordinasi menjadi permasalahan.  Keempat adalah tidak peka dengan situasi dan kondisi terkini (insidentil) dan yang terakhir adalah masih mementingkan egonya atau hanya mementingkan ibadah tanpa memperdulikan anggota regu dan rombongannya,” paparnya.

Menurut Syafwan, dalam mengatasi permasalahan tersebut yang perlu Karu dan Karom perbuat adalah melakukan kroscek data regu maupun rombongan apakah ada perubahan atau tidak. 

“Yang biasa terjadi adalah perubahan data tempat atau kamar hotel anggota. Usahakan apabila terjadi masalah bisa diselesaikan di level paling bawah terlebih dahulu. Saling mengingatkan ke anggota dan berkoordinasi dengan TPHI/TPIHI,” jelasnya.

Selanjutnya adalah memeriksa data manifest jamaah, perlengkapan dan paspor sangat penting sebelum melaksanakan rangkaian ibadah haji. Mengingatkan, memastikan dan mengabsen jamaah dalam regu atau rombongannya. 

"Terakhir adalah mengingatkan jamaah untuk mentaati atau mematuhi peraturan yang berlaku saat itu. Dalam menghadapi suatu permasalahan yang paling terpenting adalah kesabaran dalam mencari solusi yang terbaik," pungkas Syafwan. (kmg|alifah).

Posting Komentar untuk "Kemenag Dumai Gelar Pembekalan Karu dan Karom "