Kementerian Haji Saudi Sita Sejumlah Izin Umroh Palsu

Foto @HSharifain
Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menyita sejumlah izin palsu umrah. Izin palsu ini dijual kepada orang Saudi dan ekspatriat. Beberapa agen terlibat dalam penerbitan izin palsu untuk menipu umat yang merasa kesulitan untuk mendapatkan izin umrah karena respon yang luar biasa untuk reservasi.

Dilansir haramainsharifain.com dari al watan, izin palsu itu terbit disebabkan karena banyaknya  orang menunggu selama beberapa minggu bahkan bulan bila ingin menunaikan ibadah umroh. 

Pejabat Kepresidenan  Urusan Umum Dua Masjid Suci yang menemukan bahwa beberapa izin yang dibawa oleh jemaah umroh adalah palsu dan mereka telah mengumpulkannya dari beberapa agen. Hanya saja tidak diungkapkan bagaimana nasib jamaah yang ditemukan bahwa izinya palsu.

Para peziarah dan pengunjung Dua Masjid Suci bisa mendapatkan izin yang dikeluarkan melalui aplikasi mobile Eatmarna. Lebih mudah mendapatkan izin untuk melakukan shalat di Dua Masjid Suci dan menyapa Nabi (saw) di Masjid Nabawi. 

Namun sulit untuk mendapatkan izin umrah dan salat di Rawdah Syarif karena hampir semua izin telah dikeluarkan selama beberapa minggu dan agen menggunakan masa-masa sulit ini untuk mengeksploitasi jamaah dengan menjual izin palsu.

Kementerian memperingatkan warga Saudi dan ekspatriat agar tidak menghubungi individu atau lembaga yang mengklaim bahwa mereka dapat mengeluarkan izin untuk melakukan umrah dan sholat di Rawdah Sharif. Ditekankan bahwa izin akan dikeluarkan hanya melalui aplikasi Eatmarna.

Sementara itu, departemen kesadaran umum di Kepresidenan merilis sebuah buklet yang menjelaskan ritual umrah, yang ditulis oleh ulama terkemuka Saudi dan mantan Mufti Agung almarhum Sheikh Abdulaziz Bin Baz, dan buklet tersebut dapat dibaca melalui sistem barcode.

Sheikh Wuhaib Al-Sulami, direktur departemen tersebut, mengatakan bahwa booklet tersebut akan membantu jamaah mengetahui ritual umrah serta melafalkan sejumlah permohonan. Ini juga termasuk beberapa doa pilihan dari Al-Qur'an dan Tradisi Nabi (SAW). (azka).

https://www.haramainsharifain.com/2020/12/hajj-ministry-warns-against-bogus-umrah.html

Posting Komentar untuk "Kementerian Haji Saudi Sita Sejumlah Izin Umroh Palsu"