Keutamaan Surah Al-Baqarah dan Ali Imran


Masing-masing surah dalam al-Qur'an memiliki keutamaan tersendiri. Diantara sekian banyak surah dalam al-Qur'an, surah al-Baqarah dan Ali Imran memiliki banyak keutamaan. 

Pertama, bila surah itu dibaca dengan ikhlas dapat  mengusir setan. Sahabat Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwsanya Rasulullah SAW bersabda;

Artinya: "Janganlah jadikan rumah-rumahmu sebagai kuburan, sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah al-Baqarah". (HR Muslim | Muslim, Shalatul Musafirin wa Qasruha, 80; Tirmidzi, Fadhail al-Qur'an, 2877).

Kedua, menaungi pembacanya pada hari Kiamat, dari membaca al-Qur'an akan memperoleh berkah dan melindungi pembacanya dari tukang sihir.

Abu Umamah Al-Bahili RA berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda;

Artinya: "Bacalah al-Qur'an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari Kiamat nanti. Bacalah Zahrawain, akni surah Al-Baqarah dan Ali Imran, karena keduanya akan datang pada hari Kiamat nanti, seperti dua tumpuk awan menaungi pembacanya, atau seperti dua kelompok burung yang sedang terbang dalam formasi hendak membela pembacanya. Bacalah Al-Baqarah, karena dengan membacanya akan memperoleh berkah, dan tidak membacanya akan menyebabkan penyesalan, dan pembacanya tidak dapat dikuasai (dikalahkan) oleh tukang-tukang sihir". (HR Muslim |
Muslim, Shalatul Musafirin wa Qasruha, 804).

Ketiga, mencukupi kebutuhan si pembaca. Abu Mas'ud RA berkata, Nabi SAW bersabda; 

Artinya: "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada satu malam, niscaya kedua ayat itu akan mencukupinya". (HR Bukhari | Bukhari, Fadhail Al-Qur'an, 4723; Muslim, Shalatul Musafirin wa Qasruha, 807).

Surah Al-Baqarah dan Ali Imran merupakan bagian dari surah-surah dalam al-Qur'an yang agung dan Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk membaca keduanya.

Rasulullah SAW juga menjanjikan pahal yang besar  bagi yang membaca kedua surah itu. Rasulullah juga mengabarkan bahwa di dalam  membaca kedua surah itu terdapat kebaikan di dunia maupun di akhirat.  

Posting Komentar untuk "Keutamaan Surah Al-Baqarah dan Ali Imran"