Puskes Haji Gelar Pembinaan Kesehatan Jemaah Haji di Kota Makassar


Foto PuskesHaji

Jamaah calon haji Kota Makassar tetap bersemangat mengikuti kegiatan pembinaan kesehatan haji dalam acara Sosialisasi Haji Sehat yang dilaksanakan di Asrama Haji Sudiang Makassar Sulawesi Selatan, Ahad lalu (6/12/2020). 

Kegiatan yang berlangsung di masa pandemi ini dilaksanakan oleh Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Jamaah haji yang hadir diwajibkan menggunakan masker, diperiksa suhu badan, mencuci tangan dengan tertib dan selalu menjaga jarak.

Kegiatan pembinaan kesehatan ini dihadiri oleh 185 orang jemaah haji di wilayah Kota Makassar yang akan berangkat tahun 2021, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (dr. H. Muhammad Ichsan Mustari, MHM), Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Makassar (dr. Nursaidah Sirajuddin, M.Kes), Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Makassar (Zakiah Darajat, SKM, M.Kes, MH), Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Kota Makassar, Tim Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan dan Calon TKHI/PPIH di wilayah Kota Makassar.

Baca Juga: Penyelenggaraan Haji 2021 Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Sebelum mengikuti kegiatan ini jemaah haji diwajibkan untuk melakukan cek Rapid Diagnostic Test (RDT) COVID-19. Jika ditemukan hasil pemeriksaan reaktif, maka jemaah haji dipisahkan dari peserta lain untuk selanjutnya diberi edukasi dan dipulangkan kembali. Dinas Kesehatan Kota Makassar  menyiapkan 1 unit mobil ambulans untuk digunakan sebagai sarana pemulangan jemaah dan/atau evakuasi jemaah haji.

Jemaah calon haji yang hadir selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) meliputi pemeriksaan tekanan darah, penilaian index massa tubuh dan penilaian Par-Q untuk selanjutnya dilakukan pengukuran kebugaran. Pengukuran kebugaran dilaksanakan dengan menggunakan metode Rockport sejauh 1,6 km atau dengan six minute walking test bagi jemaah yang memiliki risiko tinggi.

Kepala Pusat Kesehatan Haji yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji, dr. Halimatus Sa'diah, MKM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan latihan untuk para jemaah haji agar dapat mempertahankan kesehatannya selama masa menunggu keberangkatannya di tahun 2021.

Diah juga menghimbau kepada jemaah haji agar selalu menjaga kesehatan dan kebugaran, serta tetap menjaga protokol kesehatan agar selalu sehat saat menjalankan ibadah hajinya nanti di tanah suci. (alifah).

Posting Komentar untuk "Puskes Haji Gelar Pembinaan Kesehatan Jemaah Haji di Kota Makassar "