Tempat Tempat Ziarah di Madinah Al Munawwarah (6)


Masjid al-Ijabah 

Masjid al-Ijabah terletak di sebelah utara barat laut Masjid Nabawi. Dulu dikenal dengan nama Manazil Bani Muawiyah.

Disebut Masjid al-Ijabah karena Rasulullah SAW pada suatu hari mampir di sana shalat dua rakaat di Masjid Bani Muawiyah dengan doa yang sangat panjang dan para sahabat ikut shalat bersamanya.

Selesai shalat, Rasulullah SAW berbalik kepada sahabatnya dan bersabda: (berikut petikan hadis lengkapnya):

Artinya: Aku telah meminta kepada Tuhanku tiga perkara, dikabulkan dua dan ditolak satu, yaitu: aku memohon kepada-Nya agar Tuhanku tidak membinasakan umatku dengan kekeringan, Tuhanku mengabulkannya; aku meminta-Nya untuk tidak menghancurkan umatku dengan bencana tenggelam, Tuhanku mengabulkannya; lalu aku memohon kepada Tuhanku untuk tidak terjadi derita karena permusuhan di antara umatku, maka Tuhanku menolaknya." (HR. Muslim).

 

Masjid Jum’ah 


Masjid Jum’ah terletak ± 500 meter sebelah utara Masjid Quba. Di tanah ini dulu tinggal Bani Salim bin ‘Auf. Rasulullah SAW mampir ke tempat tersebut pada hari Jumat, lalu tiba waktu shalat Dhuhur Rasulullah SAW kemudian shalat dua rakaat didahului dua khutbah. Inilah shalat berjamaah Jum’at pertama yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW walaupun perintah shalat berjamaah Jum’at telah turun sewaktu Rasulullah SAW masih berada di Makkah.

Saat itu Rasulullah SAW tidak melaksanakannya karena menghindari azab kaum Musyrikin Makkah. Tapi waktu itu, Mas’ab bin Umair telah melaksanakannya di Quba, di tempat Bani Amru bin ‘Auf yang nantinya menjadi bagian dari Masjid Quba yang dibangun oleh Rasulullah SAW di saat berhijrah.

Riwayat lain menyebutkan, sahabat pertama yang melaksanakan shalat berjamaah Jum’at sebelum Rasulullah SAW adalah As’ad bin Zurarah.

Khutbah yang disampaikan Rasulullah SAW di masjid ini, yang selanjutnya disebut dengan Masjid Jum’ah, merupakan khutbah pertama yang disampaikan Rasulullah SAW dalam shalat Jum’at.

#Dari buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah Ditjen PHU Kemenag

Posting Komentar untuk "Tempat Tempat Ziarah di Madinah Al Munawwarah (6)"