UPZ Sebatik Timur Distribusikan Zakat Senilai Rp 60 Juta Kepada Mustahik


Di penghujung tahun 2020, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan (Kaltara) melakukan pendistribusian Zakat, Infak dan Sodakoh di wilayahnya, pada Selasa (29/12/2020).

Ikut serta dalam pendistribusian tersebut, Camat Sebatik Timur  Wahyuddin, Kepala KUA Kecamatan Sebatik Timur M. Asmayadi, Sekretaris UPZ Amad Soderi, Bendahara UPZ Salmiah, merupakan Penyuluh Agama Islam spesialisasi Pengelolaan Zakat beserta Penyuluh Agama Islam Non PNS Sebatik Timur yang juga selaku Pengurus UPZ Sebatik Timur.

Bebarapa tahapan yang dilakukan sebelum pendistribusian, dimulai dari pendataan mustahik, setelah itu Ketua UPZ Sebatik Timur M.Asmayadi yang juga selaku Kepala KUA Sebatik Timur bersama beberapa Penyuluh Non PNS melakukan survei langsung kepada golongan yang benar benar berhak menerima zakat, infak dan sedekah sehingga zakat yang disalurkan tepat sasaran.

Dalam pendistribusian kemartin, beberapa jenis bantuan yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan mustahik.  Ada yang dibantu dengan sembako senilai Rp. 350 000, ada yang dibantu dengan uang tunai sebesar 500.000 ada juga dengan uang tunai ditambah sembako Senilai Rp. 850. 000, serta ada yang dibantu renovasi rumah berupa seng atau atap rumah senilai Rp. 2.500.000 dan juga ada yang dibantu dengan modal usaha sebesar Rp. 2.500.000.

Mengingat pendistribusian ini ditengah wabah covid19  tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berjabat tangan serta membawa hand sanitizer. Zakat yang akan disalurkan  kurang lebih 60 Juta  disalurkan  memakan waktu dua hari.

Asmayadi mengharapkan agar dana zakat, infak dan sedekah habis disalurkan kepada mustahik, Sehingga saldonya nihil diakhir tahun 2020.

Salmiah selaku inisiator Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur juga berharap semoga ditahun 2021 nanti kesadaran masyarakat dalam berzakat, berinfak dan bersedekah  meningkat sehingga dana zakat, semakin dirasakan manfaatnya oleh mustahik dan masyarakat pada umumnya dalam memberdayakan  ekonomi masyarakat di wilayah Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur. (kmg|alifah). #https://kaltara.kemenag.go.id/berita/521661/kampung-sadar-zakat-sebatik-timur-dari-masyarakat-untuk-masyarakat

Posting Komentar untuk "UPZ Sebatik Timur Distribusikan Zakat Senilai Rp 60 Juta Kepada Mustahik"