Tempat Tempat Ziarah di Makkah Al Mukarramah (2)

Maulid Nabi  

Maulid Nabi maksudnya adalah  tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nabi memberikan rumah tersebut kepada Aqil, putra pamannya, Abu Thalib. Rumah itu kemudian beralih kepemilikan kepada Muhammad bin Yusuf ats-Tsaqafi.


Dulu, di tempat kelahiran Nabi tersebut dibangun masjid oleh al-Khaizuran, ibunda Khalifah Harun ar-Rasyid pada dinasti Abbasiyah. Namun akhirnya rumah tersebut dipugar menjadi perpustakaan pada 1370 H/1950 M oleh Syaikh Abbas Qatthan dengan uang pribadi. 

Maulid Nabi letaknya di sebelah timur halaman timur Masjidil Haram. 

Gua Hira 


Gua Hira terletak di sebelah utara Masjidil Haram, sekitar 6 kilometer. Gua Hira ini ada di  jabal Nur. Di puncaknya terdapat gua Hira. 

Di gua inilah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama, yaitu QS. al-‘Alaq [96]: 1-5. 

Untuk mencapai gua itu diperlukan waktu ± 1.5 jam. Gua itu cukup untuk empat orang duduk. Tinggi di dalamnya setara orang berdiri.  

Gua Su

Gua Sur ini terdapat ddi Jabal (gunung) Sur. Letaknya di sebelah selatan Masjidil Haram sejauh ± 6 kilometer terdapat Jabal s\ur. 


Jabal Sur ini punya nilai penting dalam sejarah Islam. Rasulullah SAW bersama-sama dengan Abu Bakar As-Siddiq pernah menyembunyikan dirinya di gunung tersebut waktu hendak hijrah ke Madinah. 

Menurut riwayat, setelah Rasulullah SAW selamat dari kepungan kaum kafir Quraisy di rumahnya, ia diam-diam mampir ke rumah Abu Bakar lalu menuju Jabal Sur untuk menghilangkan jejak sambil berlindung di sana selama tiga hari, barulah kemudian mereka menuju Madinah. 

Untuk masuk ke dalam gua tersebut, keduanya harus merangkak. Di dalam gua itu meeka hanya bisa duduk tanpa bisa berdiri. Waktu mengejar Rasulullah SAW, sebagian kaum kafir Quraisy sampai ke Gua Sur dan mendapati gua tersebut tertutup sarang laba-laba dan burung merpati yang sedang bertelur di sarangnya. 

Melihat keadaan demikian mereka berkesimpulan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak mungkin bersembunyi di gua tersebut. 

Sewaktu kaum kafir Quraisy berdiri di muka gua, Abu Bakar sangat cemas. 

Untuk mencapai Gua Sur ini diperlukan waktu 1.5 jam perjalanan mendaki. Kondisi jabal Tsur sangat terjal. 

Jabal Rahmah


Jabar Rahmah terdapat di Padang Arafah. Dari perkemahan Arafah, jemaah haji bisa melihat sebuah bukit yang di puncaknya terdapat tugu. Bukit tersebut lebih dikenal dengan nama Jabal Rahmah.  

Menurut riwayat, Nabi Adam AS dan Siti Hawa pernah terpisah dalam kurun yang cukup lama. Selama itu, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di Padang Arafah. Jemaah haji saat wukuf tidak dianjurkan untuk naik atau berziarah ke Jabal Rahmah.

#Dari buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah Ditjen PHU Kemenag RI

Posting Komentar untuk "Tempat Tempat Ziarah di Makkah Al Mukarramah (2) "