HADIS : Nabi Senang Mendengarkan Bacaan Qur'an Dari Orang Lain

 

حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَنْبَأَنَا حُصَيْنٌ عَنْ هِلَالِ بْنِ يِسَافٍ عَنْ أَبِي حَيَّانَ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
قَالَ لِيَ اقْرَأْ عَلَيَّ مِنْ الْقُرْآنِ قَالَ فَقُلْتُ لَهُ أَلَيْسَ مِنْكَ تَعَلَّمْتُهُ وَأَنْتَ تُقْرِئُنَا فَقَالَ إِنِّي أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ اقْرَأْ عَلَيَّ مِنْ الْقُرْآنِ قَالَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَيْسَ عَلَيْكَ أُنْزِلَ وَمِنْكَ تَعَلَّمْنَاهُ قَالَ بَلَى وَلَكِنِّي أُحِبُّ أَنْ أَسْمَعَهُ مِنْ غَيْرِي

Artinya : Telah menceritakan kepada kami Husyaim telah memberitakan kepada kami Hushain dari Hilal bin Yisaf dari Abu Hayyan Al Asyja'i dari Ibnu Mas'ud radliallahu 'anhu, ia berkata; ia berkata kepadaku; Bacakanlah kepadaku sebagian dari Al Qur`an. 
 
Ia berkata; Aku berkata kepadanya; Bukankah itu dari engkau, aku memperlajarinya sedangkan engkau yang membacakan kepada kami? Lalu ia pun menjawab; Sesungguhnya suatu hari aku datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau bersabda: 
 
"Bacakan untukku sebagian dari Al Qur`an." Ia berkata; Aku berkata; Wahai Rasulullah, bukankah (Al Qur`an) diturunkan atasmu, dan kami mempelajarinya dari engkau. Beliau bersabda: "Benar, tetapi aku menyukai untuk mendengarkannya dari selainku."
 
#HR Musnad Ahmad No. 3369; Kitab : Musnad sahabat yang banyak meriwayatkan hadits; Bab : Musnad Abdullah bin Mas'ud Radliyallahu ta'ala 'anhu

Posting Komentar untuk "HADIS : Nabi Senang Mendengarkan Bacaan Qur'an Dari Orang Lain"