Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Gelar Festival Film

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat kembali melaksanakan kegiatan Festival Film Jawa Barat (FFJ B) 2017. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida mengatakan, untuk babak penyisihan akan dilaksanakan di 4 BKPP mulai tanggal 30 November hingga 16 Desember 2017 mendatang

Festival film pendek ini untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia bidang perfilman secara teknis dan non teknis khususnya bagi para film maker dikalangan remaja.
"Selain itu, meningkatkan ilmu pengetahuan sinematografi sebagai upaya menghadapi kemajuan teknologi informasi global, serta memberikan ruang silaturahmi melalui kegiatan kreatif sinematik dalam bentuk karya diskusi dan pameran film," kata Ida kepada wartawan di Bandung, Senin (4/12/2017)
Ida mengungkapkan, FFJB 2017 untuk babak penyisihan pertama digelar  pada tanggal 30 November 2017, di BKPP IV meliputi Kab. Pangandaran, Kab. Ciamis, Kota Banjar, Kab. Tasik, Kota Tasik, Kab. Garut. Pelaksanaan di Gedung Islamic Center Jl. Pramuka, Pakuwon Kab. Garut.
Penyisihan kedua pada 2 Desember 2017, di BKPP III meliputi Kota/Kab. Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka. Pelaksanaan di Aula Universitas Majalengka, Jl. Abdul Halim, Kab. Majalengka.
Penyisihan ketiga, 4 Desember 2017, di BKPP II meliputi Kota Depok, Kab/Kota Bekasi,  Kab. Karawang, Kab. Purwakarta, Kab. Subang. Pelaksanaan di Gedung Graha Sofia Stiesa, Jl. Otista Kab. Subang.  Penyisihan keempat, 6 Desember 2017, di BKPP I meliputi Kota/Kab. Bogor, Kab/Kota Sukabumi, Kota Depok dan Kab. Cianjur. Pelaksanaan di Gedung Dewan Kesenian Kebudayaan Jl. Soeroso, Kab. Cianjur. Penyisihan kelima, 8 Desember 2017, di BKPP IV meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi. Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab. Sumedang. Pelaksanaan di Balai Prajurit Sudirman, Jl. Gatot Subroto Baros Kota Cimahi. Acara puncak 15 Desember 2017, di Teater Tertutup Taman Budaya Jl. Bukit Dago Selatan, Kota Bandung.
"Kompetisi Festival Film Jawa Barat ini, akan memperebutkan nominasi Film Terbaik Tingkat Umum, Film Terbaik Tingkat Pelajar, Musik Video Terbaik, Sutradara Terbaik, Cerita Terbaik, Cerita Terbaik, Kameramen Terbaik dan Poster Film Terbaik," ungkap Ida
Seperti diketahui FFJB 2017 merupakan sebuah kegiatan yang membentuk dan menciptakan ruang-ruang kreatif untuk para sineas muda Jawa Barat yang memiliki kebebasan menafsir dan kebebas kreatif.

Hasil kompetisi film pendek di BKPP menghasilkan 3 (tiga) film nominasi dan 1 video music hasil penilaian selanjutnya berhak untuk diikutsertakan pada Festival Film Jawa Barat 2017. Peserta yang lolos, wajib menyerahkan scenario lengkap dan poster film. Tim juri yang akan menilai yaitu, Aria Kusumadewa, Tomy Awuy, Ravie Barnawie, B.E Raisuli, Nurhidayat, Djito Kasilo, Tya Subiakto, Leony VH.  
Ida menambahkan selain kegiatan Festival Film Pendek, diselenggarakan juga bursa dan pameran film yang dilaksanakan 15 Desember 2017, di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Terdapat stand karya film hasil komunitas film, pemutaran film dan video music peserta, pameran stand produk, teknologi film dan alat perfilman.
"Hadiah kejuaraan tingkat BKPP akan memperebutkan uang senilai 60 juta. Sedangkan untuk tingkat provinsi akan memperebutkan uang senilai 90 juta," pungkasnya (jabarprov.go.id).

Posting Komentar untuk "Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Gelar Festival Film"