Wujudkan Ketahanan Pangan, Dewan Ketahanan Pangan Gelar Rakor

Sekda Kota Bogor yang juga  Ketua Dewan Ketahanan Pangan,  Ade Sarip Hidayat meminta agar seluruh unsur yang terkait dalam Dewan Ketahanan Pangan Kota Bogor berperan aktif mewujudkan ketahanan pangan yang tangguh melalui penciptaan iklim yang kondusif bagi berfungsinya sub sistem ketersediaan distribusi dan konsumsi pangan secara sinergis.

Hal itu diungkapkan Ade saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan Kota Bogor tahun 2018 di ruang Galuh Hotel Salak, Kota Bogor, Senin (14/05/2018).


Ade menegaskan, Dewan Ketahanan Pangan juga harus mampu meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan sesuai dengan tema yang diusung pada rakor kali ini, yakni meningkatkan peran Dewan Ketahanan Pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan wilayah.
Di website resmi pemkot Bogor, dia menjelaskan rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan merupakan forum strategis yang diadakan secara berkala dan berkelanjutan untuk mengevaluasi mendiskusikan, membahas permasalahan serta menetapkan langkah-langkah operasional bersama dalam membangun ketahanan pangan.
Sesuai dengan pokok-pokok pemikiran dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan,  ada 4 peranan dan kewajiban pemerintah dalam pemenuhan pangan di Indonesia. 
Pertama, suatu kewajiban bagi pemerintah dalam mengelola stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Kedua, mengelola distribusi pangan pokok, pemerintah wajib mendistribusikan pangan pokok dari daerah produsen ke daerah konsumen. Ketiga, mengelola cadangan pokok dan keempat, mewujudkan pangan yang bergizi bagi masyarakat.
Hadir dalam rakor ini Dewan Ketahanan Pangan, antara lain dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Tim penggerak PKK Kota Bogor. (alfa|azka).


Posting Komentar untuk "Wujudkan Ketahanan Pangan, Dewan Ketahanan Pangan Gelar Rakor"