Dinas P3A dan Kemenag Sukabumi Sosialisasikan Madrasah Ramah Anak

Lagu Three Ends mengawali acara pembukaaan Sosialisasi Pengembangan Sekolah/Madrasah Ramah Anak. Kegiatan ini bertepatan dengan hari ke lima belas ibadah puasa bagi umat muslim seluruh dunia. 

Acara sosilisasi SRA/MRA diikuti  kurang lebih 50 peserta dari berbagai unsur elemen penggiat pendidikan. Jajaran guru selaku ujung tombak pelaksana kegiatan belajar mengajar di sekolah/madrasah, Kepala Madrasah, Pengawas baik dari pihak Dinas Pendidikan maupun Kemenag.




Madrasah  Ramah Anak adalah Satuan Pendidikan formal maupun Non formal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan diskriminasi dan perlakuan salah lainnya. 
Hal ini sejalan dengan seperti disampaikan oleh Kadis DP3A bahwa SRA/MRA kedepannya diharapkan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik, jauh dari sifat kekerasan fisik, psikis baik dari tenaga pendidik, tenaga pendidik dan kependidikannya, maupun dari peserta didik itu sendiri.
"Madrasah di bawah Kementerian Agama (RA, MI, MTs, MA) selaku penggiat pendidikan yang ada di Kabupaten Sukabumi juga terus berupaya dalam ikut serta mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang layak anak. Dengan salah satu indikatornya adalah dengan mewujudkan madrasah ramah anak. Bahkan khusus di Kemenag Kab. Sukabumi sedang menggiatkan integrasi madrasah dan pesantren yang ramah anak," kata Erwan Hermawan selaku JFU Kurikulum Kemenag Kab. Sukabumi.
Ditambahkan, setiap anak berhak untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terbaik. Madrasah sebagai lembaga formal penyelenggara pendidikan diharapkan mampu menjadi tempat yang aman dan nyaman yg betul-betul bisa menjadi kawah candradimuka demi membentuk karakter anak bangsa yang berbudi luhur. 
Tanpa adanya hukuman fisik, kekerasan psikis. Semua tindakan pembenaran harus dengan sentuhan positif yang membangun. Demi mewujudkan IDOLA Indonesia Layak Anak... Indonesia yang ramah anak.. (kemenag sukabumi).


Posting Komentar untuk "Dinas P3A dan Kemenag Sukabumi Sosialisasikan Madrasah Ramah Anak"