Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalur Alternatif akan Segera Diselesaikan

Pemerintah Kabupaten Cianjur mulai menggenjot perbaikan jalur alternatif agar layak digunakan saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Ditargetkan, sepekan sebelum Lebaran perbaikan jalur akan selesai dan jalur siap digunakan.

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, perbaikan tahunan itu dilakukan terutama di jalur alternatif yang diperkirakan akan dipadati pemudik dari luar kota yang menuju ke Cianjur. Bahkan, jalur juga dipersiapkan untuk pengendara yang sekedar melintas untuk menghindari macet di jalan utama.




”Beberapa jalur alternatif yang dipadati pemudik jadi penanganan langsung pemkab. Biasanya jalur penghubung antar kecamatan, seperti Sukanagara-Takokak, Sukanagara-Kadupandak, Sukaresmi-Cikalongkulon, dan jalan Cirajang-Bojongpicung," ujar Herman, Jumat (1/6/2018).
Ia menjelaskan, perbaikan jalur dilakukan dengan sistem tambal sulam. Lubang-lubang yang berada di jalan, akan ditambal agar kembali normal dan meminimalkan potensi kecelakaan. Sistem itu dipilih, karena mengejar kebutuhan momen hari raya.
Herman mengklaim, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat sedang turun ke lapangan yang menjadi skala prioritas. Menurut dia, dinas terkait melihat skala prioritas berdasarkan tingkat kepadatan kendaraan saat mudik berlangsung.
Ditargetkan pengerjaan jalan tuntas tujuh hari sebelum Lebaran dan jalan dapat digunakan secara normal. Akan tetapi, ia tetap mengimbau agar pemudik berhati-hati saat berkendara selama arus mudik dan balik.
Sementara itu, Polres Cianjur mengatakan jalur Puncak-Bogor yang berada di kawasan Puncak Pass sudah dapat dilalui pemudik dari kedua arah secara normal sejak H-10 Lebaran. Kawasan yang terdampak longsor beberapa waktu lalu itu, diperkirakan dapat dilalui tanpa menghentikkan proses perbaikan yang sedang berlangsung.
”Untuk kendaraan berat yang belum bisa melintas di jalur Puncak akan diarahkan ke jalur alternatif Jonggol ataupun Sukabumi. Sistem itu diberlakukan secara situasional, tapi untuk bus kemungkinan sudah dapat melintas bersamaan dengan kendaraan lainnya,” Kasatlantas Polres Cianjur, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rendy.

Pengamanan dan pengawasan

Lebih lanjut dikatakan, saat ini kepolisian juga sedang melakukan persiapan menjelang Operasi Ketupat 2018. Penempatan anggota sudah dilakukan di lokasi perbaikan jalan, yakni Pos 1 Cepu Puncak Pass dan di sejumlah titik rawan kemacetan.
Selain itu, posko mudik menjelang hari H Lebaran juga telah dilakukan. Rendy menjelaskan, kepolisian terus melakukan pengamanan dan pengawasan di sejumlah titik kemacetan selama bulan Ramadan.
”Sementara terkait pemeriksaan kelaikan kendaraan umum, kepolisian akan berkordinasi dengan dinas perhubungan. Dalam waktu dekat akan ada operasi, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik,” ujar dia.
Ia tidak menampik, jika selama ini banyak kendaraan umum yang beroperasi di Cianjur dalam kondisi tidak layak jalan. Hal itu, memaksa petugas untuk menahan kendaraan atau mengembalikannya ke garasi. (pikiran rakyat).



Posting Komentar untuk "Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalur Alternatif akan Segera Diselesaikan"