Rencana Pemerintah Bangun 1.000 BLK di Ponpes Disambut Positif


Direktur Eksekutif Komunitas untuk Transparansi Informasi Publik Nasional (KUTIPAN) Aswan Bayan menyambut positif perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Mentri Ketenagakerjaan M.Hanif Dahiri untuk membangun 1000 balai latihan kerja (BLK) di Pondok Pesantren tahun depan.


Aswan Bayan (ist)
"Menteri Ketenagakerjaan harus menangkap peluang itu kemudian merealisasikannya, tetapi tentu saja harus melalui kajian dan perencanaan yang integral komprehensif. Karena membangun 1.000 BLK dalam satu tahun tidaklah mudah," kata Aswan kepada Sentananews.com saat dimintai komentarnya 6tentang hal itu di Jakarta, Minggu (22/7).

Ia juga berharap, agar Mentri Ketenagakerjaan terbuka ke publik bahwa tahun ini ada 50 BLK sedang diusahakan di Pondok Pesantren sebagaimana pernyataan presiden sebelumnya, sehingga tidak dianggap sebagai wacana pencitraan oleh publik menjelang Pilpres 2019.

"Kita minta supaya Menteri Hanif terbuka dan mau menjelaskan lebih rinci tentang 50 BLK yang akan dibangun di sejumlah pesantren tahun ini untuk menghindari kesan atau pandangan publik bahwa itu hanya wacana untuk pencitraan menjelang Pilpres 2019," pungkasnya.


Sebelumnya, saat membuka Munas Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Jakarta, Jumat (20/7), Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa tahun ini pemerintah telah membangun 40 Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren.

Sehingga para santri dapat memanfaatkannya dan memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan diri dengan ketrampilan dan keahliaan di dunia kerja dan dan dunia usaha.
Selain itu, pemerintah melalui Kementriaan Ketenagakerjaan sedang menyiapkan 50 Balai Latihan kerja (BLK) komunitas di sejumlah Pondok Pesantren .

Tidak hanya itu, untuk tahun depan Presiden juga meminta Menteri Ketenagakerjaan M.Hanif Dhakiri untuk membangun minimal 1.000 BLK di Pondok Pesantren.

Pemerintah akan memberikan bantuan berupa gedung, peralatan dan infrastruktur lainnya, sehingga diharapkan Pondok Pesantren akan maju, para santri makin maju dan Indonesia pasti akan semakin maju. (sentana|azka).


Posting Komentar untuk "Rencana Pemerintah Bangun 1.000 BLK di Ponpes Disambut Positif"