Calon Jamaah Haji Kini Bisa Belajar Manasik Haji Online


Manasik sepanjang masa kini sudah berlaku dan dinikmati oleh calon jamaah haji. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman manasik kepada jemaah haji, khususnya kepada jemaah haji yang akan berangkat pada 2021. 

Salah satunya, dengan mengkolaborasikan kegiatan rutin Ngaji Live dengan tema-tema tentang perjalanan ibadah haji yang sangat dibutuhkan oleh jemaah, untuk bekal kesiapan pemberangkatan hajinya.

Kepala Seksi Bina Umrah dan Haji Khusus, Kantor Wilayah Kementerian Agama Gorontalo, Mansur Basir yang menginisiasi program Ngaji Live lewat kanal Youtube-nya. Selain berbiaya  murah sekali, program bimbingan manasik secara online ini juga memiliki efektifitas yang luar biasa. Sebab bisa diakses oleh siapapun dan dimana pun berada. Asal memiliki jaringan internet yang baik, maka seluruh jemaah haji bisa mengakses konten ini.

Baca Juga: Kemenag Batam Sampaikan Manasik Dari Rumah ke Rumah Khususnya Jamaah Lansia

“Dengan membuka channel Youtube saya, siapapun bisa mendapatkan materi bimbingan manasik, tidak hanya jemaah dari Gorontalo dari seluruh Indonesia juga bisa melihat, asal memiliki jaringan internet yang bak,” kata Mansur seperti dikutip laman alumnipetugashaji.or.id. Jumat (11/12).

Bagi yang ingin mengakses tentang informasi terbaru bagaimana kondisi umrah di masa pandemi covid-19, kata Mansur, bisa mengakses materi yang disampaikan dengan cukup mengetik di youtube : ngaji live umrah di masa pandemi covid 19 Mansur Basir, maka akan langsung muncul videonya.

Di situ ditampilkan bagaimana Ketua Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Gorontalo ini mengupas pengetahuan-pengetahuan penyelenggaraan haji dan umrah di masa pandemi, yang perlu diketahui oleh jemaah. Video ini berdurasi 33 menit 16 detik, dan sangat pas sekali untuk diakses oleh jemaah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, terwujudnya bimbingan manasik secara online di kanal Youtube yang berlangsung 3 minggu lalu itu, atas kerjasama antara alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), komunitas netizen dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Gorontalo. 

“Kita berkolaborasi dengan PMII, Komunitas Netizen serta Pengurus NU Gorontalo dalam pelaksanaan program ini,” ujarnya. (alifah).
Sumber: https://alumnipetugashaji.or.id/gendeng-alumni-pmii-dan-komunitas-netizen-fkaphi-gorontalo-selenggarakan-manasik-online-di-kanal-youtube/

1 komentar untuk "Calon Jamaah Haji Kini Bisa Belajar Manasik Haji Online "