Di Pesantren Mambaus Shalihin Wabup Ciamis Serahkan 100 Mesin Perontok Padi

Foto Humas Ciamis
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyerahkan 100 unit  mesin perontok padi (Power Tresher) kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) Lakbok di lingkungan Pondok Pesantren Mamba'us Shalihin Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok, Senin (28/12/2020).
Pemberian Alat Mesin Pertanian tersebut  bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Ciamis.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dandim Ciamis, Kepala Dinas Pertanian, Camat Lakbok, Ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis, Pimpinan Pesantren Mamba'us Shalihin serta Forkopimcam Kecamatan Lakbok.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Ciamis mengharapkan bantuan tersebut dapat membantu masyarakat ataupun kelompok tani dalam meningkatkan hasil produksi.

"Dengan ini diharapkan produksi petani meningkat dan penghasilan bertambah, sehingga biaya produksi dapat diturunkan, yang awalnya biaya produksi tinggi sekarang bisa lebih murah, yang awalnya mungkin menyewa namun sekarang sudah memiliki alat sendiri dari bantuan yang diberikan" ucap Yana dilansir Humas Ciamis.

Yana mengatakan tantangan pertanian hari ini dan kedepan semakin komplek hal ini karena banyak isu yang di hadapi seperti ketahanan pangan, proses produksi dan rendahnya sumber daya pertanian. Maka dari itu perlu  meningkatkan pertanian  mengingat Kabupaten Ciamis adalah daerah agraris.

Wabup Yana mengharapkan bantuan tersebut dapat membantu kerja petani dan mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian padi di Kabupaten Ciamis dan alat pertanian yang di berikan agar dirawat dan dimanfaatkan secara baik dan benar.

”Alat perontok padi yang di berikan ini harus dimanfaaatkan dengan benar, semoga alat ini juga bisa menunjang hasil dari pertanian yang ada di Kecamatan Lakbok, mengingat lakbok adalah lumbung padinya Ciamis” harap Wabup.

Sementara itu ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis Maulana Sidik mengatakan pemberian alat mesin pertanian akan dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap pertama 100 unit dan tahap kedua 185 unit.

"Di tahap kedua ada 185 unit lagi yang sama akan di hibahkan pada Gapoktan. Dengan pemberian bantuan tersebut tidak hanya akan menghidupi petani tapi juga menggerakan pemuda-pemuda di tengah pandemi, " ucap Sidik. (hms|alfa).

Posting Komentar untuk "Di Pesantren Mambaus Shalihin Wabup Ciamis Serahkan 100 Mesin Perontok Padi"