Kemenag Berau Akan Gelar Musabaqah Baca Kitab bagi Para Kepala KUA dan Penghulu

Foto Kemenag Berau
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau Kalimantan Timur akan menyelenggarakan Musabaqah Baca Kitab (MBK) tingkat Kabupaten. Keterangan ini disampaikan Kasubag TU H. Rahman Duka di Kantor Kemenag, Selasa lalu (15/12/2020)

Adapun Pesertanya berasal dari Kepala KUA Kecamatan atau Penghulu se-Kabupaten Berau beserta pejabat Fungsional penghulu, dengan Narasumber KH. Burhanuddin Harahap, Kiyai Syaifun Nashar dan H. Rahman Duka, M.Pd.

Sedangkan materi yang disampaikan oleh para Narasumber adalah Kitab Kifayatu Akhyari dan Kitab Fathul Mu’in.

Rahman Duka, menyatakan  penghulu berfungsi sebagai administratif juga berfungsi sebagai pelayan yang juga berfungsi sebagai intelektual di masyarakat,  guna mendukung tugas pokok dan fungsi penghulu kegiatan ini kita selenggarakan. 

“Kita harap  kegiatan ini mampu mendorong dan memotifasi para penghulu untuk terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan melalui mengaji dan mengkaji hazanah kehidupan Islam yang ditulis ulama-ulama terdahulu,” katanya.

Baca Juga: Plt Walkot Bogor Usmar Hariman Buka Lomba MHQ Pertama di Kota Bogor

Menurut Rahman, jika aparat Kantor Urusan Agama (KUA) kita tidak meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keagamaan tentu akan menyulitkan kita sendiri saat melakukan bimbingan dan pelayanan di masyarakat. 

Kepala KUA dan Penghulu, lanjutnya, diharapkan mampu menjadi pelopor perubahan budaya dari kemunduran semangat mengkaji ilmu keagamaan ke tradisi yang lebih tinggi untuk mengkaji keilmuan yang bersumber dari kitab-kitab berbahasa Arab. Posisi Penghulu di masyarakat, selain sebagai penghulu juga sebagai manager bahkan sebagai dai, untuk itu perlu sumber daya manusia yang baik.

“MBK  ini bertujuan agar para penghulu kita memahami kitab kuning sekaligus menjadikan sebagai literatur wujud yang utama di dalam menjalankan tugasnya. Sehingga para penghulu mampu bekerja secara profesional dan memberikan pelayan yang prima kepada masyarakat,” kata Rahman. (kmg|alifah). # https://kaltim.kemenag.go.id/berita/read/510860

Posting Komentar untuk "Kemenag Berau Akan Gelar Musabaqah Baca Kitab bagi Para Kepala KUA dan Penghulu"