Kemenag Grobogan Gelar Sosialisasi Umroh Ditengah Pandemi Covid-19

Foto Kemenag Grobogan
Kementerian Agama Kabupaten Grobogan Jawa Tengah (Jateng) melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggelar sosialisasi penyelenggaraan umroh di masa pandemi covid-19 ini.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng, Muh. Saidun mengatakan Pemerintah Arab Saudi, mulai  1 November 2020, memberi izin kepada jemaah dari luar negaranya untuk menyelenggarakan umrah. Indonesia mendapat kehormatan menjadi yang pertama, selain Pakistan.

“Penyelenggaraan ibadah umrah yang berangkat ke tanah suci harus merujuk Keputusan Menteri Agama Nomor 719 Tahun 2020. Regulasi itu adalah pedoman penyelenggaraan ibadah umroh di masa pandemi COVID-19,” ungkap Saidun.

Menurutnya,edukasi dan sosialisasi harus dilakukan agar sebelum berangkat, jemaah benar-benar memahami dan memaklumi situasi dan kondisi di Arab Saudi.

Baca juga: Jika Ditipu Travel Umrah dan Haji Bisa Lakukan Penuntutan

Ketaatan, kepatuhan, dan kedisiplinan jemaah dan penyelenggara untuk mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan juga sangat diperlukan agar jemaah tetap sehat dan aman dalam menjalankan perjalanan ibadah umrah,” ucapnya

“Protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan secara disiplin dan ketat untuk memastikan jemaah tetap sehat dan tidak terpapar Covid-19. Agar tidak terjadi penularan selama jemaah menjalani ibadah umrah, penularan dapat dicegah apabila jemaah mematuhi protokol kesehatan 3M dan arahan petugas umrah di lapangan,” tambahnya.

Saidun menambahkan, ada banyak persyaratan atau aturan yang harus dipenuhi menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi. Ini berlaku baik untuk jemaah maupun perusahaan jasa travel.

“Usia (jemaah umrah) disesuaikan dengan ketentuan Pemerintah Arab Saudi dari 18 hingga 50 Tahun. Lalu, jemaah tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid yang sudah ditentukan oleh Kemenkes RI,” pungkas Saidun pada acara Sosialisasi pelaksanaan ibadah umroh ditengah pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Haji dan Umrah  Grobogan Abdur Rouf mengatakan bahwa KMA 719 sangat penting diketahui oleh agen travel ibadah umrah mengingat persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat melangsungkan perjalanan ibadah umrah. (rls|azka).

Posting Komentar untuk "Kemenag Grobogan Gelar Sosialisasi Umroh Ditengah Pandemi Covid-19"