Kemenag Kebumen Gelar Bimbingan Pra Manasik

Foto Kemenag Kebumen
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh menggelar”Bimbingan Jamaah Haji Pra Manasik Tahun 2020” di ruang Jatijajar 1 dan 2 Hotel Candisari Karanganyar, Selasa (8/12/2020). 

Kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Kankemenag, diikuti oleh 80 peserta yang berasal dari calon jamaah haji yang batal berangkat di tahun 2020 dan penyuluh Fungsional PNS maupun Penyuluh Non PNS di lingkungan Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Kebumen.

Kepala Kemenag Kebumen,  Panut, terlebih dulu mengajak seluruh peserta berdoa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara, dan semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga penyelenggaraan Haji dan Umroh bisa dilaksanakan secara normal. 

Panut juga menghimbau seluruh peserta jangan sampai bosan apalagi abai terhadap protokol Kesehatan. “Covid-19 itu ada namun tidak tampak,” jelasnya seperti dilansir situs Kemenag Kebumen.

Dijelaskan, Covid-19 bukan hanya di Indonesia, tetapi hampir seluruh dunia mengalaminya termasuk Arab Saudi dan sampai hari ini terus mengalami perubahan. Panut menyampaikan bahwa pemerintah telah mempersiapkan tiga skenario kemugkinan penyelenggaraan ibadah Haji di  tahun 2021 M/1442 H.

Skenario pertama yang akan dilakukan pemerintah calon jemaah haji akan tetap diberangkatkan dengan kuota penuh, namun catatan jika Covid-19 sudah selesai atau sudah ditemukan vaksin Covid-19. 

Skenario kedua dibatasinya kuota Haji. pembatasan kuota ini bisa 30 persen, 40 persen bahkan sampai 50 persen, Hal ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Dan skenario ketiga adalah pemberangkatan jemaah Haji ditunda/dibatalkan lagi apabila Pemerintah Arab Saudi menutup akses layanan penyelenggaraan ibadah haji. (ulul|alfa).

Posting Komentar untuk "Kemenag Kebumen Gelar Bimbingan Pra Manasik "