Kemenag Kalteng Resmikan Tiga Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji

Foto Kemenag Kalteng

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid  meresmikan penggunaan 3 gedung balai nikah dan manasik haji KUA Kecamatan di Kabupaten Kapuas, Selasa (29/12/2020). 

Ketiga gedung itu meliputi KUA Pulau Petak, KUA Mantangai, dan KUA Kapuas Hilir. Ketiganya  dibangun menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara tahun 2020.

Saat memberikan sambutan dalam peresmian yang dipusatkan di KUA Kecamatan Pulau Petak ituAbd. Rasyid mengatakan, terdapat sejumlah fungsi yang diemban oleh KUA Kecamatan. 

Pertama, katanya, adalah fungsi membentuk keluarga sakinah. Awal terwujudnya keluarga Islami yang bahagia itu, menurut  Abd. Rasyid, dimulai dari proses akad nikah yang memenuhi syarat dan rukunnya, dijalankan penuh keikhlasan, serta dilakukan dengan memenuhi berbagai persyaratan administratifnya.

Berita terkait: Masyarakat Bungursari Respon Rencana Pembangunan Gedung KUA

“Ini tugas yang mulia dan tidak ringan, karena sah tidaknya hubungan sepasang manusia dimulai dengan akad nikah di gedung ini nantinya,” ujar  Abd. Rasyid dilansir situs Kemenag Kalteng.

Fungsi kedua menurut mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini adalah membentuk dan memperkuat moderasi beragama. KUA kecamatan, sebut Abd. Rasyid juga wajib memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana moderasi beragama itu.

“Untuk menjalankan fungsi ini, KUA kecamatan bersinergi dengan Polsek, Koramil, tokoh masyarakat, dan elemen lainnya sehingga moderasi beragama di masyarakat semakin mengakar,” jelas Abd. Rasyid.

Fungsi lainnya, tambahnya, adalah fungsi layanan publik. Dalam memberikan pelayanan,  Abd. Rasyid meminta jajaran KUA kecamatan untuk melakukannya dengan sepenuh hati berlandaskan rasa cinta.

“Layani masyarakat sebagaimana kita melayani orang-orang yang kita cintai, lakukan dengan sepenuh hati, dan sebaik-baiknya,”  pungkas Abd.Rasyid. (kmg|alifah).

Posting Komentar untuk "Kemenag Kalteng Resmikan Tiga Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji"