Keutamaan Merahasiakan Sedekah

Sebanyak 50 paket Jumat Barokah yang dikoordinir oleh Amin Suparmin, Ketua RT 12 Perumahan Bambu Kuning Bojonggede, dibagikan kepada fakir-miskin di lingkungan warga Bambu Kuning dan sekitarnya yang berlangsung setiap Jum'at, dananya dikumpulkan dari para donatur. Pada Jum'at 11 Desember2020, merupakan Jum'at Barokah yang ke 24 kalinya.  (Foto Dok Amin Suparmin)

Sedekah (sodakoh) merupakan amalan yang sangat baik. Bagaimana tidak, ia akan semakin bernilai besar pahalanya dengan tingkat kesulitan yang berbeda dalam mengamalkannya.

Allah berfirman:

"Jika kamu menampakkan sedekah-sekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikanya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu." (QS Al-Baqarah 271)

Dengan merahasiakan sedekah, kita akan mendapatkan keutamaan memperoleh naungan_nya di hari Kiamat. Abu Hurairah meriwayatkan dari Rasulullah SAW bersabda:

"Ada tujuh golongan (orang beriman) yang akan mendapat naungan Allah dibawah naungan_nya pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh di atas kebiasaan ibadah kepada Rabb-Nya, lelaki yang hatinya terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah sehingga kedua bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah, lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita kaya lagi cantik lalu ia berkata, 'Aku takut pada Allah', seorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan seorang laki-laki yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sendiri hingga kedua matanya basah karena menangis". (HR Bukhari).{HR Bukhari, Al-Adzan 629; Muslim, Az-Zakat 1031; Tirmidzi, Az-Zuhd 2391; An-Nasai, Adabul Qudhat 5380; Ahmad, 2/439; Malik dalam Al-Jami', 1777}.

Baca Juga: Zakat Berperan Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan Ekonomi

Merahasiakan sedekah dapat menjauhkan pelakunya dari berbuat riya'. dan membantunya untuk mengikhlaskan niat hanya untuk Allah SWT semata. Merahasiakan sedekah juga dapat menutupi aib orang yang menerima sedekah sekaligus menjaga kehormatannya dengan tidak menghinakannya di hadapan orang lain. 

Karena itu Allah SWT sangat mencintai orang yang sedekah dengan sembunyi-sembunyi, dan Rasulullah pun menjanjikan bagi orang yang bisa menyembunyikan sedekahnya dengan pahala yang besar pada hari Kiamat.

1 komentar untuk "Keutamaan Merahasiakan Sedekah"