Majelis Taklim DMI Bersama Kemenag Gelar Pembinaan SDM MT Tingkat Jabar

Foto Kemenag Jabar

PW Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Jawa Barat bersama Kanwil Kemenag Jawa Barat menyelenggarakan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020, di Karang Setra Hotel And Cottage,  Kamis (10/12/2020).

Kegiatan ini dibukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib. Ia menyampaikan kebahagiaannya karena bisa bertemu langsung dan bersilaturahmi dengan pengurus PW BKMM Jawa Barat. "Ini pertama kalinya saya bisa bersilaturahmi dengan ibu-ibu semuanya dan saya sangat senang sekali," ucapnya.

Adib menilai bahwa pertemuan ini sangat penting karena BKMM merupakan mitra kerja yang sangat penting bagi Kementerian Agama. 

"Aktivitas majelis taklim yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sangat mudah untuk membangun umat, maka dari itu Kementerian Agama dengan majelis taklim harus dapat bersama-sama membina umat dengan baik," tutur Adib.

Adib menjelaskan bahwa pemerintah dalam Rencana Kerja Tahun 2020 telah mencanangkan pembangunan di bidang agama sebagai bagian integral pembangunan nasionl. "Dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan, agama hadir sebagai pembentuk dan penguat nila-nilai etika, moral, dan karakter bangsa," jelasnya.

 "Mulai tahun 2019, Kementerian Agama telah merintis program Pengarustamaan Moderasi Beragama yang mencerahkan dalam mengembangkan cara pandang, sikap, dan praktik keagamaan jalan tengah (wasathiyah)," ungkapnya.

Baca juga: Walikota Bogor Bima Arya Ajak Teladani Akhlak Rasulullah

Adib menilai bahwa moderasi beragama sudah sesuai dengan esensi Islam merupakan agama Lil 'alamin yaitu membawa rahmat bagi semua manusia bahkan semua penghuni alam. "Sebagai negara majemuk dan beragam, moderasi beragama sangat diperlukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan," ujarnya.

"Isu-isu agama sangat mudah memicu perpecahan diantara kita semua, maka dari itu kita bersama-sama harus dapat meningkatkan kualitas moderasi beragama dan kerukunan umat beragama," ajaknya.

Melihat kedudukannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, Adib berpesan agar Majelis Taklim mengambil peran dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Agama Islam serta menjaga keutuhan NKRI.

"Majelis taklim juga harus dapat membangun sumber daya manusia untuk memiliki kepekaan sosial yang tercermin dalam kesadaran dan semangat bersama untuk membangun solidaritas sosial dengan menebarkan salam atau kedamaian," pesannya. (kmg|ulul|alfa).
sumber: https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/peningkatan-kualitas-majelas-taklim-melalui-pembinaan-sdm

Posting Komentar untuk "Majelis Taklim DMI Bersama Kemenag Gelar Pembinaan SDM MT Tingkat Jabar"