Mendoakan Orang Lain Tanpa Sepengetahuan yang Didoakan, Malaikat yang Mengamini


Di dalam al-Qur'an Allah SWT menyebutkan ciri-ciri dari orang-orang yang benar.

Artinya: "Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar) mereka berdoa, 'Ya Rab kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman'." (QS Al-Hasyr 10). 

Selanjutnya, Allah SWT mengabarkan tentang Nabi Ibrahim AS yang berdoa untuk semua orang beriman dalam firman-Nya:

Artinya: "Ya Rab kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapaku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)." (QS Ibrhaim 41).

Baca juga: Doa Keluar Rumah

Allah juga berfirman mengenai Nabi Nuh AS:

Artinya: "Ya Rabbku, ampunilah aku, ibu bapakku dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman baik laki-laki dan perempuan." QS Nuh 28).

Allah juga memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mendoakan orang-orang beriman:

Artinya: "Dan mohonlah ampunan atas dosamu  dan atas (dosa) orang-orang yang mukmin, laki-laki dan perempuan." (QS Muhammad 19).

Adapun keutamaan mendoakan kebaikan untuk orang lain adalah malaikat akan mendoakan untuknya doa yang semisal. Yakni doa seperti yang disampaikan orang yang berdoa.

Diriwayatkan dari Abu Darda' RA ia mendengar Rasulullah SAW bersabda;

Artinya; "Tidak ada seorang muslim yang mendoakan kebaikan untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan mengatakan, 'Dan untukmu kebaikan yang sama'." (HR Muslim | Muslim, Adz-Dzikru wad Dua' wat Taubah wal Istigfar, 2732).

Dalam riwayat lain disebutkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda;

Artinya: "Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya itu mustajab. Di atas kepalanya ada malaikat yang telah diutus, setiap kali ia berdoa untuk kebaikan saudaranya itu, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan 'Amin' dan untukmu kebaikan yang sama." (HR Muslim | Muslim, Adz-Dzikru wad Dua' wat Taubah wal Istigfar, 2732). 

Mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya merupakan sunnah yang pernah dijalani oleh para nabi dan orang-orang shaleh. Mereka sangat menginginkan agar saudara sesama muslimnya mendapatkan kebaikan. Sehingga mereka mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya ketika mereka sedang berdoa untuk diri sendiri. 

Mendoakan orang lain tanpa sepengetauannya terdapat unsur kecintaan kepada kaum mukmin dan keinginan agar mereka mendapat kebaikan serta menunjukkan keikhlasannya untuk Allah, maka para malaikatpun mengamini doanya dan mendoakan orang yang berdoa dengan doa yang sama.

Posting Komentar untuk "Mendoakan Orang Lain Tanpa Sepengetahuan yang Didoakan, Malaikat yang Mengamini"