Harapan Muslim Inggris Agar Bisa Tunaikan Haji Tahun 1442 H/2021

Seratus enampuluh kaum muslimin Inggris yang tahun 2020 (1441 H) tidak bisa menunaikan ibadah haji sangat berharap pada tahun 1442 Hijriyah atau 2021 akan bisa menjalankan rukun Islam kelima, yakni ibadah haji. 

sehzad husain bersama isterinya. foto dok sehzad
Tahun 2020 kaum muslimin yang bisa menjalankan ibadah haji hanya sejumlah orang yang tinggal di Arab Saudi  karena pandemi virus corona.

Sehzad Husain, 39, seorang pengusaha yang tinggal di London, berencana untuk menunaikan haji tahun ini bersama istrinya Aziza Husain, 38, seorang asisten kepala sekolah di sebuah sekolah dasar di ibukota Inggris. 

Kepada Arab News, Husain bercerita tentang penundaan haji. Ia mengatakan saat itu dirinya sudah memesan paket haji  pada bulan Januari 2020 dan membayar penuh karena "sangat senang" memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

“Saya sangat sedih karena tidak bisa melaksanakan haji tahun 2020,” kata Husain. “Awalnya saya sangat senang melakukan haji dan sangat menantikannya. Saya sudah mulai membuat persiapan."

Dia mengatakan mereka masih optimis untuk menunaikan ibadah haji meski kasus virus korona  meningkat di Inggris.

“Kami mendengar desas-desus bahwa sejumlah orang dari masing-masing negara dapat melakukan haji. Kami yakin bahwa kami akan berada di antara orang-orang itu karena kami masih muda, bugar, dan sehat, dan kami telah membayar penuh paket kami. Kami bersedia membayar ekstra jika harga naik, ”imbuhnya bersemangat.

Husain menggambarkan kekecewaan yang ia dan istrinya rasakan ketika diumumkan bahwa umat Islam di luar kerajaan arab saudi tidak dapat ikut serta.

“Saya pikir kami akan berakhir, jadi keputusannya mengecewakan, tapi tidak ada yang bisa kami lakukan,” tambahnya.

Husain mengatakan mereka akan menunaikan ibadah haji tahun ini karena istrinya bekerja di bidang pendidikan dan ini akan menjadi tahun terakhir dimana hari-hari haji akan jatuh sepenuhnya selama liburan musim panas.

“Sangat sulit bagi guru untuk mendapatkan cuti selama semester, jadi itulah alasan di balik kami memesan tahun ini,” tambahnya.

Meskipun ini bukan haji pertama bagi pasangan suami isteri itu, karena mereka berdua melakukan ibadah haji secara terpisah sebelum mereka menikah, namun Husain berharap untuk melakukan perjalanan spiritual bersama. 

“Saya  biasanya pergi ke luar negeri dua atau tiga kali setahun, dan sampai hari ini tidak ada yang menyamai pengalaman saya haji. Itu adalah pengalaman yang luar biasa,” tambahnya. 

“Saya senang paket haji tahun 2021 saya sudah dipesan dan dibayar. Saya pikir saya akan merasa lebih bersemangat karena haji 2021 semakin dekat. Kami berdoa dan berharap bisa menunaikan ibadah haji tahun depan, tapi saya berusaha agar harapan saya tidak terlalu tinggi,” kata Husain.

Tahun ini, harga paket haji di Inggris berkisar antara £ 5.500 ($ 7.003) dan £ 13.000 tergantung pada berbagai faktor termasuk seberapa jauh hotel dari masjidil haram, termasuk makanan, jenis paket dan layanan yang ditawarkan di dalamnya.

Hissam Syed, 42, bekerja sebagai manajer properti di London dan berencana menunaikan ibadah haji bersama istrinya Reem Selim, 42, yang merupakan insinyur sipil.

Pasangan itu menabung untuk haji pertama mereka dan telah memesan relatif lebih awal, ia telah daftar haji  pada Agustus 2019.

“Haji menghabiskan banyak uang dan kami sudah menabung untuk waktu yang lama. Kami tidak mengambil banyak hari libur karena kami berencana mengambil cuti sebulan penuh untuk menunaikan haji. Kami ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin di Makkah dan Madinah karena kami mungkin tidak mendapatkan kesempatan untuk berkunjung lagi,” kata Syed kepada Arab News

Dia mengatakan dirinya merasa "sangat kecewa dan berkecil hati" ketika mengetahui bahwa jamaah haji internasional tidak akan dapat menunaikan haji tahun 2020.

“Namun, kami memahami bahwa keputusan ini diambil untuk memastikan keamanan semua. Saya masih belum melupakan kekecewaan itu,” tambahnya lagi.

Syed mengatakan dia dan istrinya berharap untuk menunaikan haji tahun 2021 jika terbuka untuk jemaah haji asing yang berada di luar Arab Saudi dan jika aman untuk melakukannya. 

Ia mengatakan mungkin akan sulit untuk memakai masker selama musim haji yang akan jatuh pada pertengahan Juli tahun 2021 karena puncak musim panas di Saudi. "Tapi perjalanan spiritual melakukan haji akan menghilangkan kesulitan yang dialami.Saya akan sangat senang jika  saya diberitahu bahwa kami dapat melakukan haji," katanya penuh harap. (arabnews|azka).

Posting Komentar untuk "Harapan Muslim Inggris Agar Bisa Tunaikan Haji Tahun 1442 H/2021"